Tabrakan Perez Amankan Vettel

Red Bull RB7 Masih Terdepan di Monaco

Minggu, 29 Mei 2011 – 07:13 WIB
MONACO - Red Bull-Renault terus menguasai babak kualifikasi di musim Formula 1 2011Di Monaco kemarin (28/5), Sebastian Vettel kembali meraih pole

BACA JUGA: Zidane Jadi Direktur Olahraga Real Madrid

Dia mencatat waktu 1 menit dan 13,556 detik di sirkuit jalanan 3.340 km tersebut.

Dari enam lomba yang berlangsung, Vettel sudah merebut lima posisi start terdepan
Yang satu lagi milik rekan setimnya, Mark Webber.

Yang sedikit beda, kali ini Red Bull tidak meraih pole lewat performa dominan

BACA JUGA: Messi Cs Buyarkan Mimpi MU di Wembley

Tim-tim lain, khususnya McLaren-Mercedes dan Ferrari, tampaknya punya kans besar untuk menyaingi.

Sayang, kecelakaan besar saat sesi terakhir kualifikasi tinggal 2 menit dan 26 detik menghentikan segala momentum
Saat itu, bintang muda Sauber-Ferrari, Sergio Perez, mengalami kecelakaan besar saat keluar dari terowongan Monaco.

Mobilnya sudah tidak bisa dikontrol sejak di ujung terowongan, menyenggol pagar baja pengaman di sisi kanan, lalu menghantam keras dinding ban pengaman di tikungan S (chicane) berikutnya.

Bagian kanan mobil Perez hancur

BACA JUGA: Saling Serang, Babak Pertama Berakhir Imbang

Pembalap 21 tahun itu harus mendapat bantuan tim medis, dibawa ambulans ke medical centerLaporan dari tim medis waktu itu: Perez masih sadarkan diri dan mampu berbicara.

Gara-gara tabrakan itu, pengawas lomba menghentikan babak kualifikasiTotal, 40 menit sesi terakhir terhenti, menunggu mobil Perez diamankan dan dinding ban pengaman ditata ulang.

Ketika sesi dimulai, hampir semua peserta sesi terakhir antre di ujung pit laneLewis Hamilton, andalan McLaren, ada di paling depanDia merupakan yang paling dirugikan oleh tabrakan PerezSaat bendera merah dikibarkan (sesi dihentikan), dia sedang berada di lintasanJadi, dengan hanya 2 menit dan 26 detik tersisa, Hamilton sama sekali belum mencatat waktu.

Semula, orang mengira bakal ada persaingan sengit di detik-detik akhir kualifikasiPara pembalap bergantian mencatat waktu terbaikTapi rupanya, kondisi sudah berubahHamilton hanya mampu mencatat waktu 1 menit dan 15,280 detik, terpuruk di urutan tujuhNico Rosberg (Mercedes GP) juga tak mampu meraih catatan baik, di urutan delapan.

Mungkin, ban supersoft mereka telah "dingin" ketika menunggu sesi dimulai di ujung pit laneSehingga tidak bisa diajak melaju secara optimal.

Sadar pole sudah sulit direbut, para pembalap pun membatalkan lap terakhir mereka dan ramai-ramai kembali ke pit lanePole position Vettel pun aman.

Jenson Button, andalan lain McLaren, juga aman di urutan duaWebber di urutan tiga, ditemani Fernando Alonso (Ferrari) di posisi empatBegitu keluar dari mobil, Alonso juga tampak kecewaFerrari memang punya harapan agak tinggi, setelah pembalap Spanyol itu meraih waktu tercepat saat latihan.

Usai kualifikasi, Button membenarkan kalau kondisi lintasan di menit-menit akhir jauh dari ideal"Licin sekaliPadahal kami ingin segera memaksa (di menit terakhir)Tapi temperatur ban kami sama sekali tidak memungkinkan (dingin, Red) karena kami diam menunggu di ujung pit lane selama dua setengah menit," tuturnya.

Seperti pihak lain di F1, Button juga menyampaikan harapan agar Perez tidak mengalami masalah terlalu besar"Saya pernah tabrakan di tempat yang sama pada 2003, jadi saya tahu sakitnya seperti apaSaya tidak yakin dia bisa ikut balapanTapi saya berharap dia segera pulih," ucapnya.

Sedangkan Vettel menyebut pole-nya tetap bukanlah jaminan dia akan dominan pula saat lomba"Lomba di sini selalu terasa panjang, dan berlangsung seperti kasino (penuh kejutan)Total 78 lap sangatlah panjangDengan semakin banyaknya pit stop tahun ini, segalanya bisa berubah sampai menit terakhir," ujarnya.

Sama seperti Button, Vettel berharap Perez tidak apa-apaBahkan, Vettel mengaku tabrakan Perez sempat mengganggu konsentrasinya"Jujur, sulit menjaga fokus dan sulit tampil 100 persen saat kita tidak tahu situasinya seperti apaYang melegakan, dia sadar dan bisa bicara," pungkasnya.

Pasangan HRT-Cosworth (Hispania), Tonio Liuzzi dan Narain Karthikeyan, sama-sama absen dari babak kualifikasiMereka memilih tidak ikut dengan alasan safety, setelah Karthikeyan mengalami problem suspensi di babak latihan.

Seharusnya, mereka tidak boleh ikut lomba hari ini (29/5)Tapi karena keduanya mampu mencatat waktu baik (lebih baik dari 107 persen) di sesi latihan, ada kemungkinan mereka tetap diizinkan ikut lomba kalau mampu mengatasi masalah pada mobil(aza)

10 Besar Hasil Kualifikasi GP Monaco
1Sebastian Vettel, Red Bull-Renault              1 menit 13,556 detik
2Jenson Button, McLaren-Mercedes              1:13,997
3Mark Webber, Red Bull-Renault                    1:14,019
4Fernando Alonso, Ferrari                                1:14,483
5Michael Schumacher, Mercedes GP            1:14,682
6Felipe Massa, Ferrari                                       1:14,877
7Lewis Hamilton, McLaren-Mercedes            1:15,280
8Nico Rosberg, Mercedes GP                          1:15,766
9Pastor Maldonado, Williams-Cosworth        1:16,528
10 Sergio Perez, Sauber-Ferrari                        no time

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sempat Tertinggal, Heat Ulang Final 2006


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler