Tagline The Blue Paradise Island Nusa Penida Makin Dipertajam

Senin, 05 Desember 2022 – 19:58 WIB
Laut Nusa Penida. Foto: Pemkab Klungkung

jpnn.com, KLUNGKUNG - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta terus mempertajam potensi pariwisata di daerahnya.

Menurutnya ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan, salah satunya Nusa Penida.

BACA JUGA: 3 Pelabuhan Diresmikan, Berlibur di Nusa Penida Makin Nyaman

"Tagline Nusa Penida, yaitu The Blue Paradise Island (Pulau Surga Biru) kini terus dipertajam sebagai salah satu kawasan pariwisata di Klungkung," kata Bupati Suwirta, dalam keterangannya Senin (5/12).

Dia menuturkan bahwa tagline tersebut mengacu keindahan bawah laut dan alam Nusa Penida yang eksotik.

BACA JUGA: Bupati Klungkung Kembangkan Budi Daya Seafood di Nusa Penida

"Hanya saja tidak semua telah tertata apik sehingga Pemkab Klungkung berencana melakukan penataan objek wisata besar-besaran," ujarnya.

Adapun destinasi itu adalah Tanjung Juntil, Pantai Atuh, Diamond Beach, Molenteng, Bukit Teletabis, Pantai Banah/ Batu Cincin, Pantai Tembeling, Pantai Kelingking.

BACA JUGA: Pariwisata Nusa Penida Bali Terus Digenjot Pemerintah

Kemudian, Pantai Lumangan, Crocodile Beach atau Pantai Pandan, Teluk Lengantung, Broken Beach atau Pasih Uug, dan Anggel Billabong.

"Tahun ini seluruh destinasi yang ada di Nusa Penida telah disiapkan dengan optimal. Saya bersama Baperlitbang, Dinas Pariwisata, PUPR sampai turun langsung untuk memonitoring sistem intregrasi Nusa Penida menuju One Gate One Destinasion atau Satu Gerbang Satu Tujuan," paparnya.

Dia mengungkap kegiatan yang wajib dilakukan para wisatawan adalah diving. Nusa Penida sangat kaya dengan spot-spot dive.

Sambil menyelami taman laut, wisatawan bisa berkenalan dengan ikan pari besar yang kerap disebut sebagai manta. Ikan ini bersahabat dengan para penyelam.

Spot menyelam favorit adalah Crystal Bay, yang memiliki air jernih dan ombak yang tenang. Crystal Bay makin memikat dengan banyaknya ikan mola-mola atau ikan matahari yang biasanya muncul setiap Juli hingga Oktober.

"Menyapa berbagai jenis biota laut seperti penyu, ikan badut, dan beragam spesies lainnya juga akan menambah pengalaman tersendiri," tuturnya.

Spot wisata di Nusa Penida bukan sekadar pantai, karang, dan laut. Ada juga perbukitan yang keren karena lanskapnya yang tidak biasa, seperti di Pantai Klingking.

Bupati Suwirta menuturkan kalau objek wisata yang ada di Nusa Penida berhasil ditata dengan baik, biaya retribusi di pelabuhan sudah tidak perlu dilakukan lagi.

"Nantinya, pengujung hanya akan dikenakan biaya tiket objek wisata satu gerbang satu tujuan," bebernya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler