Tahapan Pemilukada Dimulai Bulan Depan

Jumat, 19 Oktober 2012 – 08:24 WIB
MALANG-Tahapan pemilihan wali kota Malang dimulai bulan depan. Kemarin, KPUD mulai membahas berbagai persiapan jelang dimulainya tahapan pemilukada. Annggaran yang dibutuhkan untuk pesta demokrasi kota pendidikan ini sebesar Rp 18,2 miliar.

Ketua KPU Kota Malang, Henry ST mengatakan, pemungutan suara dijadwalkan pada 23 Mei tahun 2013 mendatang. Namun demikian, tahapan pemilukada sudah dimulai pada bulan depan.

”Tahapan pemilukada Kota Malang dimulai pada 24 Oktober dengan mengumumkan perekrutan PPK dan PPS di kecamatan dan kelurahan. Dalam waktu yang bersamaan, kami memulai sosialisasi,” jelasnya  di gedung dewan, kemarin.

Mulai bulan depan, lanjut Henry, sekaligus dilakukan sosialisasi persyaratan calon perseorangan. Hal ini karena persyaratan yang dibutuhkan untuk calon wali kota dan calon wawali dari jalur perseorangan atau jalur independen cukup banyak.

Tidak hanya itu, penyerahan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) dan daftar pemilih tetap (DPT) juga segera dilakukan. Rencananya penyerahan DP4 dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kepada KPU Kota Malang dilakukan sekitar November mendatang.

Pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota rencananya juga dilakukan pada Februari tahun 2013. Namun sebulan sebelumnya, tepatnya 21 Januari tahun 2013 sudah dilakukan penyerahan berkas dukungan bagi  calon  indepnden.  ”Jadwal detail dan tahapan pelaksanaan pemilukada Kota Malang disampaikan pada bulan Oktober,” kata Henry.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya akan membentuk PPK sebanyak lima orang di masing-masing kecamatan. Sedangkan PPS disetiap kelurahan sebanyak tiga orang.

Pemilukada Kota Malang tahun 2013 mendatang membutuhkan 1.300 TPS. Ini berdasarkan pemetaan yang sudah dilakukan lembaga penyelenggara pemilu itu.

Henry menambahkan, pelaksanaan pemilukada Kota Malang dan pilgub Jatim tidak dilaksanakan secara bersamaan walau sama-saam digelar pada tahun 2013. Karena itu, dia memastikan hari pemungutan suara pemilukada Kota Malang dilakukan pada 23 Mei tahun depan. “Sedangkan informasi yang kami dapat, pemungutan suara untuk pilgub Jatim dilakukan sekitar Agustus tahun 2013,” pungkasnya. (van)
BACA ARTIKEL LAINNYA... BPK Dituding Lelet Audit Hambalang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler