Tak Ada Pilihan, Juve Harus Menang

Selasa, 24 Januari 2012 – 13:37 WIB

TURIN - Juventus sedang on fire. Mereka tidak terkalahkan sepanjang musim ini dan baru saja memastikan diri sebagai campione d"inverno alias juara paro musim Serie A Liga Italia. Modal hebat jelang perempat final Coppa Italia.
   
Hanya, tak mudah bagi mereka melaju ke babak berikutnya dan sekaligus mempertahankan status tak terkalahkan di semua ajang. Sebab, lawan mereka berikutnya adalah AS Roma, dini hari nanti (siaran langsung Telkomvision Arena pukul 02.45 WIB).
     
Karena memakai sistem knock-out, maka Juve tidak punya pilihan lain. Mereka harus menang. Masalahnya, tidak beda jauh dengan Juve, Roma yang menjadi lawannya juga sedang on fire. Bentrok dua tim yang sedang garang.
   
Kalau Juve punya catatan tak terkalahkan, maka Roma selalu menang dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang. Francesco Totti dkk sudah memahami betul filosofi bermain yang diinginkan sang allenatore Luis Enrique.
   
Memang, Roma kehilangan beberapa pemain seperti Marco Casetti dan Pablo Osvaldo. Tetapi, performa mereka dalam lima pertandingan terakhir menunjukkan, Enrique tidak punya masalah dengan kehilangan dua pemain itu.
   
Tanpa Osvaldo, Enrique masih memiliki Bojan Krkic, Erik Lamela, dan Totti. Nama terakhir, performanya sedang cemerlang. Dia selalu mencetak dua gol dalam dua pertandingan terakhir di Serie A saat dimainkan di posisi trequartista.
   
Performa hebat Totti itu sampai membuat pelatih timnas Italia Cesare Prandelli tergiur. Dia sampai mengeluarkan pernyataan bahwa Totti bisa saja masuk dalam skuad Gli Azzurri, julukan Italia, untuk di bawa ke Euro 2012 Polandia-Ukraina.
   
"Saya hanya berupaya melakukan yang terbaik buat tim. Saya pikir ini periode yang bagus buat tim kami. Yang terpenting sekarang kami harus mampu menjaga konsistensi. Terutama menghadapi tim besar," kata Totti, seperti dikutip Tuttosport.
   
Bentrok antara Juve melawan Roma merupakan pertarungan dua tim paling sukses di Coppa Italia. Kedua tim paling banyak mengoleksi gelar dengan sembilan kali juara. Hanya, sudah lama Juve tidak menjuarai Coppa Italia, kali terakhir pada 1995 alias 17 tahun lalu.
   
Musim lalu, Juve versus Roma juga terjadi di perempat final. Hasilnya, Roma yang melaju ke semifinal dengan keunggulan 2-0 melalui gol Mirko Vucinic dan Rodrigo Taddei.   
   
Berbeda dengan Roma yang memiliki beberapa masalah pemain cedera, Juve aman. Satu-satunya pemain yang cedera adalah Fabio Quagliarella. Tetapi, dia bukanlah pemain inti. "Kami telah melakukan hal hebat. Tapi, jangan terlena. Musim masih panjang. Kami harus mengatasinya satu persatu," kata Gianluigi Buffon, kiper Juve. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mulai Berani Bicara Scudetto


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler