Tak Ada yang Perlu Ditakuti

Selasa, 18 Juni 2013 – 19:34 WIB
Andik Vermansyah. Foto: Ricardo/JPNN
SETELAH Timnas Belanda, Indonesia terus kedatangan pemain-pemain hebat. Sejak Minggu (16/6), Radja Nainggolan, pemain berdarah Batak yang masih membela Cagliari di Seri A Liga Italia menyempatkan diri datang ke Indonesia.

Radja akan melakukan serangkaian kegiatan di Jakarta. Salah satunya adalah menggelar pertandingan ujicoba dengan Timnas U-23 yang dipersiapkan ke SEA Games Myanmar 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Rabu (19/6).

Banyaknya pemain-pemain top dunia  yang datang ke Indonesia adalah hal positif bagi pemain-pemain Indonesia, terutama untuk pemain muda. Dengan berinteraksi langsung di lapangan, mereka bisa belajar secara langsung tentang visi bermain dari pemain top dunia.

Hal ini pula yang ingin dilakukan oleh Andik Vermansyah. Skuat Garuda Muda yang juga merupakan pemain Persebaya 1927 itu berharap bisa belajar langsung dari Radja Nainggolan.

Apa harapan Andik Vermansyah dalam pertandingan Timnas U-23 vs Jakarta All Star? Berikut petikan wawancara wartawan JPNN.com Mahbub Amiruddin dengan Andik Vermansyah di Lapangan C Senayan Jakarta, Selasa (18/6).

Bagaimana persiapan menghadapi Jakarta All Stars?


Alhamdulillah kita sudah siap walaupun belum semua pemain datang karena masih mengikuti kompetisi. Kita masih menunggu pemain-pemain tersebut dan saya yakin semua pemain akan datang memenuhi panggilan timnas. Kecuali mungkin kalau ada pemain yang menderita cedera yang parah. Saya sendiri sangat antusias menyambut pertandingan ini karena selain bisa bermain dengan senior dan idola saya. Saya juga akan memaksimalkan pertandingan ini agar bisa lolos seleksi SEA Games Myanmar.

Di Jakarta All Stars ada Radja Nainggolan Radja. Apakah itu akan berpengaruh besar?


Saya ingin cari pengalaman, ingin mengetahui bagaimana visi dia bermain. Soalnya saya lihat dia bermainnya sangat simpel, tidak terlalu lama menahan bola tapi efektif. Itu yang harus dipelajari pemain-pemain Indonesia bagaimana memainkan bola dengan efektif.

Apakah menurut kamu dia spesial?


Menurut saya dia pemain yang cukup spesial. Bisa bermain di kompetisi Seri A pasti sangat sulit, tidak semua pemain bisa bermain di level tersebut. Radja Nainggolan juga merupakan pemain Timnas Belgia yang memiliki pemain-pemain hebat. Tidak mungkin dia dipanggil Timnas Belgia kalau dia tidak bagus. Jadi menurut saya dia cukup spesial, saya ingin mencuri permainan dia.

Apakah Radja Nainggolan perlu ditakuti?


Walaupun dia pemain senior dan kaya pengalaman saya pikir kita tidak perlu takut menghadapinya. Bermain sepakbola itu bagaimana kita bisa menikmati pertandingannya saja. Tidak ada yang perlu ditakuti. Karena kalau di lapangan, semua pemain sama saja.

Yakin bisa menang lawan Radja Nainggolan Cs?


Soal target menang kita Insya Allah bisa menang. Yang terpenting adalah bermain semaksimal mungkin dan mengikuti instruksi pelatih. Apalagi saat ini pemain sangat bersemangat karena pertandingan ini akan dijadikan ajang seleksi pemain menuju SEA Games.

Pertandingan ini kesempatan untuk menunjukkan kemampuan pemain walaupun seleksi ini masih panjang banyak pemain yang belum datang karena kompetisi juga masih berlangsung dan belum libur.

Terkait SEA Games, Andik yakin lolos seleksi?


Kalau optimis ya harus optimis. Agar bisa terpilih saya harus mengeluarkan kemampuan terbaik karena di sini banyak pemain bagus. Motivasi pemain juga sangat tinggi karena bermain di timnas adalah impian dari semua pemain.

Apa saran Andik agar bisa berprestasi?


Harus lebih sering main bersama agar kekompakan lebih terjaga. Kita juga butuh ujicoba yang banyak dan bila perlu sebaiknya TC (Training Centre) digelar di luar negeri.

Terakhir, ingin mendapatkan jersey Radja Nainggolan?

Tentu saja mau mas. Apalagi kemarin waktu lawan Belanda tidak dapat. (abu/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Perjuangan Rakyat Myanmar Belum Usai

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler