Tak Datang HUT NasDem, Jokowi Disebut Kekanak-kanakan

Jumat, 11 November 2022 – 23:57 WIB
Presiden RI Joko Widodo (kiri) pada sesi retreat KTT ASEAN Ke-41 di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11-11-2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev.

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) kekanak-kanakan lantaran tidak hadir di acara HUT Kesebelas NasDem pada Jumat (11/11) ini. 

Selain tidak hadir, kepala negara juga tidak menyampaikan ucapan melalui video saat NasDem menggelar puncak perayaan di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat ini. 

BACA JUGA: Sulawesi Miliki Transportasi Kereta Api, Jokowi Dinilai Berhasil Mewujudkan Pemerataan Pembangunan

"Sikap kekanak-kanakan presiden dan sikap yang tak negarawan. Tak baik ditiru untuk budaya politik kita," kata Pangi melalui layanan pesan, Jumat ini. 

Dia mengatakan Jokowi berlaku tidak adil saat kepala negara tak hadir dan memberikan ucapan selamat kepada NasDem saat merayakan ulang tahun. 

BACA JUGA: Analisis Ferdinand soal Jokowi Tak Hadiri Perayaan HUT NasDem, Ada Istilah Muka Tembok

Di sisi lain, kata Pangi, NasDem menjadi satu di antara partai yang membawa Jokowi menjabat Presiden RI selama dua periode. 

"Saya akui Presiden Jokowi terpilih dua kali menjadi presiden bukan semata-mata faktor PDIP. Enggak fair," lanjut pria yang juga berprofesi sebagai analis politik itu. 

BACA JUGA: Seharusnya Surya Paloh Tarik Kadernya dari Kabinet Jokowi, Itu Baru Laki-laki

Pangi melanjutkan Jokowi bisa saja mengirimkan video ucapan selamat andaikan kepala negara berhalangan hadir secara langsung ke lokasi perayaan HUT NasDem. 

"Soal masalah teknis saja," katanya. 

Sebelumnya, NasDem merayakan HUT kesebelas yang dihadiri mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (11/11) ini.

Namun, Presiden Jokowi tidak hadir di tengah-tengah puncak perayaan HUT NasDem atau mengucapkan doa melalui video.

Awak media lantas menanyakan hal tersebut kepada Surya Paloh. Terlebih, Jokowi sebelumnya tidak pernah berlaku ke partai pendukung pemerintah.

"Ah, tanya sama Pak Jokowi, masa tanya sama NasDem. Ini, kan, HUT NasDem, mau dikirim video, ah, itu bagus. Kalau enggak mungkin karena kesibukan," kata Surya Paloh ditemui setelah acara HUT kesebelas NasDem.

Dia bahkan buka-bukaan soal Jokowi belum mengucapkan selamat ulang tahun kepada NasDem secara pribadi lewat dirinya.

"Ah, jujur saja, Pak Jokowi belum sempat mengucapkan itu. Ya, mudah-mudahan akan, tidak lama. Kami pahami kesibukan beliau," tutur Surya Paloh.

Untuk diketahui, saat ini Presiden Jokowi tengah berada di Phnom Phen untuk menghadiri KTT ASEAN. (ast/jpnn) 


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler