Tak Hanya Taman Mini, Ini 5 Tempat dengan Daya Tarik Tersendiri di Jakarta Timur

Senin, 01 Februari 2021 – 17:54 WIB
Pawai Budaya Nusantara di Taman Mini, wilayah Jakarta Timur. Foto: dok Instagram TMII

jpnn.com, JAKARTA - Bagi warga yang bukan berasal dari DKI tentu berpikir Jakarta Timur hanya memiliki tempat wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah.

Beberapa, bahkan mengidentikkan Jakarta Timur sebagai kawasan industri karena hanya teringat dengan Pulo Gadung. Jakarta Timur mungkin bahkan bukan pilihan pertama yang muncul saat Anda memikirkan tempat tinggal, beda dengan kawasan Depok maupun Bekasi yang mulai menjadi top of mind. 

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Minta Polisi Penembak Laskar FPI Diadili, Pesan Rizieq, Jenderal Listyo Sigit Memohon kepada Sekuriti

Ya, Jakarta Timur mungkin bukan pilihan utama ketika Anda tengah memikirkan tempat wisata dalam kota ataupun spot asyik untuk berkumpul dan bertemu teman.

Padahal, Jakarta Timur memiliki daya tarik yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

BACA JUGA: Bonus Demografi jadi Peluang untuk Pembiayaan Perumahan

Nah, agar Anda tak lagi memandang sebelah mata pada kawasan administratif terbesar di Jakarta ini, berikut 5 daya tarik Jakarta Timur yang harus diketahui.

Siapa tahu Anda bosan dengan mal, dan tiba-tiba ingin berkunjung ke pinggiran Jakarta.

BACA JUGA: Wagub DKI Minta Pengembang Perumahan Menata Kawasan Kumuh dan Padat di Jakarta

1. Banjir Kanal Timur (BKT)

BKT yang terletak di kawasan Duren Sawit ini tidak hanya berfungsi sebagai penangkal banjir, tetapi juga menjelma tempat rekreasi baru yang ramai dikunjungi pelancong.

Banyak penduduk Jakarta dan sekitar yang menjadikan lokasi BKT sebagai tempat nongkrong dan bahkan berekreasi bersama keluarga ataupun teman.

Di sekitar BKT, terdapat jalan setapak yang diaspal, ditanami pepohonan, rumput, dan dibuat beberapa halte atau taman mini.

Setiap sore, tepian BKT ini hampir selalu ramai dengan pengunjung. Kemudian ada juga warung-warung kecil dan aneka lapak yang menjual berbagai macam mulai dari pakaian, aksesori, hingga makanan.

Sambil menyantap jajanan, para pengunjung bisa duduk lesehan menghadap ke kanal. Persis seperti sedang piknik.

2. Kawasan Cibubur

Selain terkenal sebagai kawasan perumahan elite di timur Jakarta, Cibubur juga memiliki banyak sekali destinasi wisata dan kuliner yang cocok disambangi di akhir pekan.

Yang paling terkenal adalah Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur). Ini merupakan kawasan perkemahan yang dulu kerap menjadi lokasi pelaksanaan Jambore Nasional.

Di sini, Anda bisa memesan tempat untuk berkemah, baik untuk perorangan atau rombongan besar.

Di dalam Buperta juga terdapat Taman Wisata Lebah yang bisa jadi alternatif wisata edukatif. Di area yang teduh, nyaman, dan ramah anak ini, Anda bisa belajar banyak hal terkait lebah, madu, dan produk olahan lainnya yang bisa didapatkan dari lebah.

Destinasi lain yang bisa disambangi tak jauh dari Buperta adalah Taman Rekreasi Wiladatika atau yang juga dikenal sebagai Taman Bunga Cibubur.

Sesuai dengan namanya, taman ini dihiasi hamparan berbagai varian bunga, labirin hijau rendah, serta air mancur yang besar. Lahan hijau terbuka di sini bisa dimanfaatkan juga untuk berpiknik.

3. Kawasan Jatinegara

Bicara soal kawasan Jatinegara, kita akan langsung teringat pada stasiun Jatinegara. Tak hanya berfungsi sebagai commuter line yang menghubungkan kereta Jakarta hingga Cikarang, stasiun ini juga berfungsi sebagai stasiun antarkota dan antarprovinsi.

Tak jauh dari Stasiun Jatinegara, terdapat Pasar Rawa Bening yang menjual berbagai batu mulia dari luar negeri maupun batu akik produk dalam negeri.

Anda bisa menemukan mulai dari batu kalimaya, batu bacan, rubi, safir Afrika, batu topas dari Brazil, bahkan berlian. Meski popularitas tempat ini semakin menurun belakangan, tetap menarik melihat aktivitas jual beli batu-batu berharga di pasar yang terkesan tradisional ini.

4. Monumen Pancasila Sakti

Ingat peristiwa G30SPKI? Nah, Monument Pancasila Sakti yang berlokasi di Lubang Buaya ini merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang mengadaptasi kisah dan peristiwa dari G30SPKI tersebut.

Di lokasi ini terdapat patung burung garuda besar yang dikelilingi 7 patung pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman PKI pada masanya.

Di dalamnya terdapat sumur tempat pembuangan jenazah, museum pengkhianatan PKI, rumah penyiksaan, ruang teater, hingga mobil yang dipakai pada saat G30S/PKI. Bisa dibilang, tempat ini sarat akan nilai-nilai sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.

5. Pasar Induk Kramat Jati

Pasar Induk Kramat Jati bukan sembarang pasar. Berbeda dari pasar tradisional lainnya, Pasar Induk Kramat Jati memiliki peranan yang sangat penting karena merupakan satu-satunya pasar khusus sayuran dan buah-buahan yang terdapat di Jakarta. Pasar ini menjadi jantung dari pasar-pasar lainnya di seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sebelum sampai pada konsumen, sayuran dan buah-buahan dari petani akan masuk ke Pasar Induk Kramat Jati terlebih dahulu, dan baru kemudian akan didistribusikan ke seluruh pasar lokal dan pedagang menengah lainnya di seluruh wilayah Jabodetabek.

Meski begitu, bukan berarti Anda tak boleh belanja ke sini, lho. Pasar Induk Kramat Jati juga jadi tujuan belanja untuk mereka yang akan mengadakan hajatan, pemilik katering, ataupun ibu rumah tangga yang ingin belanja mingguan.

Nah, itu dia 5 daya tarik Jakarta Timur yang mungkin belum banyak diketahui. Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik berinvestasi perumahan baru maupun hunian dijual di sini?. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler