Tak Hanya Terima CSR Pendidikan dari CRRC, Siswa SMPN 3 Ngamprah Diajak Jajal Kereta Cepat Whoosh

Rabu, 01 November 2023 – 16:20 WIB
Para siswa SMP Negeri 3 Ngamprah Bandung Barat diajak naik kereta cepat Whoosh. Foto: Dok CRRC

jpnn.com, BANDUNG BARAT - China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Qingdao Sifang Co.Ltd memberikan bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) berupa komputer dan soundsystem kepada SMP Negeri 3 Ngamprah Bandung Barat.

Bantuan CSR tersebut diserahkan langsung oleh Deputy General Manager CRRC Cao Rui kepada pihak sekolah di SMPN 3 Ngamprah, Selasa (24/10/2023).

BACA JUGA: Pemesanan Tiket Kereta Cepat Whoosh Lebih Mudah, Ada Promo Menarik 

"Penyerahan donasi bahan pengajaran untuk program “Kelas Kesejahteraan Masyarakat” ini untuk mendukung pendidikan. Ini juga merupakan persiapan siswa memasuki jenjang pendidikan selanjutnya dari basis pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya rangkaian Kereta Api WHOOSH," kata Cao Rui dalam sambutannya.

Dia mengatakan pakar ahli teknologi kereta api cepat dari CRRC Sifang akan hadir di sekolah untuk membekali para siswa dengan ilmu pengetahuan kereta api cepat, serta mengajak mereka untuk merasakan pesona Kereta Api Cepat WHOOSH.

BACA JUGA: Begini Cara Pesan Tiket Kereta Cepat Whoosh

Sebagai ungkapan terima kasih kepada CRRC Sifang, pihak sekolah membuat plakat alat musik tradisional Indonesia Angklung, yang melambangkan persahabatan kedua pihak.

Pada kesempatan itu, Kepala desainer Kereta Api WHOOSH dari CRRC Sifang Zhang Fangtao sempat memberikan pelajaran ilmu pengetahuan tentang kereta cepat.

BACA JUGA: Tiket Kereta Cepat Whoosh Sudah Bisa Dipesan, Sebegini Harganya

Dia menjelaskan teknologi canggih apa saja yang digunakan dalam kereta cepat tersebut. Para siswa sangat bersemangat dan antusias menjawab pertanyaan secara aktif, menciptakan suasana yang penuh semangat.

Kelas Kesejahteraan Masyarakat juga membawa para siswa untuk merasakan naik kereta cepat. Pada sore hari itu, di bawah bimbingan para ahli teknologi dari CRRC Sifang, lebih dari 50 pelajar Indonesia menaiki Kereta Api WHOOSH dari Stasiun Bandung Padalarang ke Stasiun Jakarta Halim untuk merasakan pengalaman kereta cepat.

Kereta Api WHOOSH perlahan meninggalkan Stasiun Padalarang, kemudian melaju cepat, dari 0 km/jam, mencapai 180 km/jam, 260 km/jam... hingga 350 km/jam!

Sorak-sorai para siswa meledak di dalam kereta.

"Keren banget! Ini pertama kalinya aku naik kereta cepat. Cepat sekali, seperti kilat!" ujar Saskia Fitriani dengan kagum.

Di dalam kereta yang melaju kencang, para murid mendengarkan penjelasan dari para ahli teknologi sambil merasakan pengalaman yang ‘mendalam’.

“Kereta cepat ini sangat indah dan modern, sehingga telah membuka wawasan saya. Saya belajar banyak tentang kereta api cepat di kelas ini, dan saya berharap bisa memiliki kesempatan untuk memahami lebih banyak lagi tentang teknologi kereta cepat yang lebih maju di masa depan," kata Rayi Mahaputri.

Sementara Kepala SMPN 3 Ngamprah Bandung Barat, Mepi mengungkapkan terima kasih kepada CRRC Sifang yang telah mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia.

"Hal ini mencerminkan persahabatan kita. Donasi bahan pengajaran yang diberikan oleh CRRC Sifang akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan kami, serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan," ujarnya.

Kelas kereta cepat, lanjutnya, telah memperluas wawasan para siswa, membekali siswa dengan membuka 'jendela teknologi' untuk belajar dan merasakan teknologi dunia yang canggih, lalu menginspirasi impian mereka di bidang teknologi.

"Ini akan berdampak positif pada pembelajaran dan perkembangan karakter siswa kami," ujar Mepi.

Pada kesempatan yang sama, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemda KBB Asep Wahyu mengatakan kereta api cepat Whoosh merupakan kereta cepat yang pertama di Asia Tenggara.

Ini merupakan kebanggaan negara dan masyarakat Indonesia. Kereta Cepat Jakarta-Bandung sangat memudahkan transportasi masyarakat yang berada di sepanjang jalur, dan juga mendorong pembangunan ekonomi sekaligus kemajuan sosial di sepanjang jalur.

"Ini juga bermanfaat untuk mendorong terwujudnya visi ‘Indonesia Emas 2045’," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Bandung Barat Asep Dendih tak luput mengucapkan terima kasih kepada CRRC Sifang yang telah memberikan bantuan kepada SMPN 3 Ngamprah Bandung Barat.

"Bantuan bahan pengajaran dan kelas kesejahteraan masyarakat ini akan membantu siswa dalam belajar menjadi lebih baik dan mewujudkan visi pendidikan Indonesia,' ucapnya.

Seperti diketahui, CRRC merupakan perusahaan inti Research and Development (R&D) Tiongkok yang memproduksi kereta api berkecepatan tinggi di wilayah lokal dan komunitas setempat.

Termasuk Kereta Cepat WHOOSH yang baru diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2 Oktober 2023 lalu.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler