Tak Mau Mega Lagi, Taufiq Belum Tahu Peluang Puan

Selasa, 29 Mei 2012 – 12:12 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas terus menyuarakan tentang perlunya alih generasi kepemimpinan nasional pada Pilpres 2014 mendatang. Karenanya, Taufiq berharap tokoh-tokoh tua yang tak mungkin terpilih lebih baik mengurungkan niatnya untuk maju di Pilpres.

"Saya usul beri kesempatan ke tokoh yang lebih muda saja," kata Taufiq usai hadir sebagai pembicara kunci pada  Sarasehan Nasional tentang Kepemimpinan Berkarakter Pancasila di Universitas Pancasila, Lenteng Agung Jakarta Selatan, Selasa (29/5).

Meski demikian Taufiq tak setuju jika pembatasan usia maksimal capres diatur dalam UU Pilpres. Politisi asal Palembang itu justru mendorong adanya kebesaran jiwa dari para tokoh-tokoh tua untuk menyerahkan alih kepemimpinan kepada yang lebih muda.

"Bangsa ini memang perlu kebesaran jiwa. Kalau tidak mau mengalah, kapan Indonesia mau lebih baik?" ulasnya.

Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDI Perjuangan itu juga kembali wanti-wanti agar istrinya yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tidak dicalonkan lagi. "Jangan lah, kasihan dengan suaminya. Sudah tua," ucap Taufik.

Jika memang tak mau Megawati maju sebagai capres dan menginginkan adanya tokoh muda tampil, apakah berarti PDIP akan mengusung Puan Maharani pada Pilpres 2014 nanti? Taufiq tak berani memastikannya. "Saya belum bisa ngomong," kata Taufiq mengomentari peluang anak kandungnya hasil pernikahan dengan Megawati itu.

Taufiq juga mengaku belum tahu tentang tokoh di luar PDIP yang bisa diusung pada Pilpres 2014 nanti. Ia hanya mengingnkan agar tokoh muda diberi kesempatan tampil. "Kalau usulan saya lebih baik tokoh yang muda sehingga ada regenerasi," ucapnya.(ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal Lapindo, Anak Buah Mega Bela Keluarga Bakrie


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler