Tak Selalu Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Yuk Kenali Manfaat Gula Berikut ini

Sabtu, 11 April 2020 – 12:30 WIB
ILUSTRASI. Pemanis buatan. Foto: Laman Sheknows

jpnn.com - Gula sering kali dianggap sebagai bahan makanan yang memicu timbulnya berbagai penyakit. Bahkan gula dianggap sebagai 'musuh' bagi sebagian orang.

Apakah gula berbahaya bagi tubuh? Jawabannya adalah tidak selalu, berikut manfaat gula bagi tubuh:

BACA JUGA: 4 Dampak Konsumsi Gula Secara Berlebihan dan Penjelasan Takaran yang Tepat

1. Sebagai energi tubuh

Gula memberikan energi untuk proses fisiologis tubuh, seperti respirasi, irama jantung, regulasi suhu tubuh, dan masih banyak lagi. Tanpa gula, organ di dalam tubuh -- terutama otak -- tidak akan dapat bekerja secara normal.

BACA JUGA: Tidur Cukup Bisa Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat?

2. Sebagai simpanan energi tubuh

Gula yang berlebihan pada tubuh akan disimpan menjadi glikogen. Glikogen ini disimpan di otot dan hati. Glikogen pada otot hanya dapat digunakan oleh otot.

BACA JUGA: Ini 5 Alternatif Pemanis Sebagai Pengganti Gula

Sedangkan pada hati, glikogen dapat digunakan oleh jaringan lain yang membutuhkan. 

Sebagai contoh, otak adalah organ yang sangat membutuhkan gula. Ketika gula darah seseorang rendah, glikogen hati akan ke otak untuk memenuhi kebutuhan gula. 

Gula memang merupakan simpanan energi tubuh. Namun ketika gula darah sangatlah sedikit, tubuh akan memecah sumber lain untuk menjadikan energi seperti protein. 

Alhasil protein ini tidak dapat digunakan sesuai fungsinya, yaitu membangun otot dan mempertahankan massa otot. Oleh karena itu, gula juga dapat berfungsi untuk mencegah pemecahan otot.

Gula yang dikonsumsi secara berlebihan selain disimpan sebagai glikogen, juga akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk asam amino (protein) dan asam lemak (lemak). Sehingga, ketika sangat diperlukan, bentuk lain ini akan dipecah menjadi energi.

Manfaat gula sudah dijelaskan di atas dan ternyata sangat penting untuk tubuh. Jika kekurangan gula, tubuh tidak dapat berfungsi secara baik. Walaupun gula itu bermanfaat, gula juga memiliki bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.(Klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
gula   manfaat gula   energi   diabetes  

Terpopuler