Taktik Jitu Menangkan Stoner

Selasa, 31 Juli 2012 – 07:06 WIB
Casey Stoner. Foto: MCNews.com.AU

LAGUNA SECA - Paceklik kemenangan Casey Stoner berakhir di Amerika Serikat (AS). Setelah tanpa kemenangan di dua balapan, pembalap Repsol Honda itu meraih kebangkitan di Laguna Seca. Dia meneruskan hasil bagus yang tahun lalu juga diraihnya di sirkuit itu.

Taktik jitu pemilihan ban menjadi kunci kemenangan Stoner. Dalam balapan sepanjang 32 lap itu, Stoner menggunakan strategi ban yang berbeda dari para rival utamanya.

Bukan rahasia lagi jika, Stoner mengalami kesulitan dengan ban belakang hard compound yang sudah direvisi Bridgestone. Pilihan itu dihindarinya dalam balapan kemarin.

Di Laguna Seca, Stoner menggunakan ban belakang soft , sebuah strategi yang kontras dengan para lawan yang bersaing di barisan depan. Hasilnya sangat memuaskan dan terbukti memberikan kemenangan keempat bagi Stoner di musim ini.

Sempat berada di urutan ketiga, Stoner berhasil menyalip rekan setimnya, Dani Pedrosa, serta pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, untuk kembali ke persaingan perebutan juara musim 2012.

"Kami sadar, kami mengalami kesulitan dengan ban hard, tetapi kami sudah melewati sejumlah balapan, begitu juga dengan temperatur. Pada saat yang sama, dengan ban lunak kami tahu bahwa kami sedikit lebih baik," terang Stoner pada Autosport.

Stoner mengakui, taktik idealnya terlihat ketika dia mulai memangkas jarak dari Lorenzo dan gripnya makin bagus. Setelah itu, dia bisa menjauh seusai menyalip Lorenzo di lap ke-21. Sebelas lap tersisa jadi ajang menjauh bagi pembalap Australia uitu. "Saya berusaha untuk berada di depan secepat mungkin. Sayang, Dani dan Jorge melewati saya di awal lomba," tutur juara dunia 2007 dan 2011 itu.

"Saya sangat, sangat senang dengan semua ini, dan menyenangkan melakukan hal berbeda dengan orang lain," tegas Stoner.

Jitunya strategi pemilihan ban Stoner itu mendapatkan pengakuan dari Lorenzo. Dia harus mendapatkan tekanan yang kian berat dari lap ke lap. Mampu menahan tekanan dari Pedrosa, Lorenzo kehilangan posisi terdepan dari Stoner yang kian cepat di paro terakhir lomba.

"Saya tahu Casey makin kuat dan kuat tiap lap. Normalnya, ban hard akan makin baik di pertengahan balapan. Tapi kali ini kebalikannya. Ban soft lebih baik dan lebih konsisten," kata Lorenzo.

Hasil balapan kesepuluh ini tak mengubah konfigurasi papan atas klasemen sementara pembalap. Lorenzo masih belum tergeser dari puncak klasemen. Sementara Pedrosa dan Lorenzo menguntit di posisi ketiga.

Beruntung bagi Lorenzo bukan Pedrosa yang memenangkan balapan. Meski dia hanya berada di posisi kedua, jarak poin dengan Pedrosa malah bertambah jauh. Kini,  Lorenzo unggul 23 poin dari Pedrosa. Sebelumnya, kedua pembalap hanya terpisah 19 poin. (ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Guerrero Siap Tantang Mayweather Jr


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler