Talentlytica Unjuk Gigi di ICAL 2024, Teknologi Psikometri Indonesia Mendunia

Jumat, 11 Oktober 2024 – 19:14 WIB
Talentlytica berpartisipasi di ICAL 2024, teknologi psikometri Indonesia jadi mendunia. Foto: source for jpnn

jpnn.com, BALI - Talentlytica, perusahaan di bidang solusi asesmen online berbasis data, berpartisipasi dalam International Conference on Assessment and Learning (ICAL) 2024, di Bali, pada 10-12 Oktober.

Acara ini menjadi ajang bagi para ahli dan praktisi pendidikan dari 18 negara untuk berbagi pengetahuan dan inovasi terkini di bidang asesmen.

BACA JUGA: Talentlytica SIAP Jadi Solusi Asesmen Pekerja Blue Collar 

ICAL 2024, yang diselenggarakan oleh Australian Council for Educational Research (ACER), telah berdiri lebih dari lebih dari 90 tahun sebagai tim peneliti independen, Dewan Penelitian Pendidikan Australia (ACER), dan telah berkembang menjadi salah satu organisasi penelitian pendidikan terkemuka di dunia.

Novita Sari, Talent Scientist di Talentlytica yang merupakan lulusan Magister Psikometri Terapan dari Universitas Padjadjaran, mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil risetnya yang inovatif tentang Pauline Test.

BACA JUGA: Pameran Teknologi Ramah Lingkungan Digelar di Jakarta

Presentasi Novita Sari yang berjudul, “Psychometric Properties of the Pauline Test: A Next Generation Work Aptitude Test on the Talentlytica Platform,” menyoroti proses pengembangan dan validasi yang ketat di balik Pauline. 

“Dikembangkannya Pauline merupakan bukti komitmen Talentlytica dalam memanfaatkan data dan teknologi untuk menciptakan solusi asesmen inovatif yang dapat membantu organisasi dalam mengidentifikasi dan mengembangkan potensi terbaik sumber daya manusianya," ujar Novita Sari, dalam keterangannya, Jumat (11/10).

BACA JUGA: Aileen Seto Memadukan Keahlian dan Teknologi Mutakhir dalam Dunia Kecantikan

Riset ini menunjukkan bahwa Pauline yang merupakan inovasi dari Tes Pauli konvensional: tidak hanya reliabel dan valid, tetapi juga menawarkan keuntungan praktis yang signifikan dibandingkan alat ukur konvensional berbasis kertas, seperti proses penilaian yang lebih cepat, akurat, dan memberi pengalaman menarik bagi peserta.

Kehadiran Novita, sebagai ahli psikometri berpengalaman, di konferensi internasional ini menunjukkan kualitas dan dedikasi tim Talentlytica dalam menciptakan solusi asesmen yang tidak hanya canggih, tetapi juga relevan dengan kebutuhan dunia kerja modern.

ICAL 2024, merupakan konferensi kolaborasi antara ACER -Indonesia, HEPI, APSIMETRI, Kemenerian Agama, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengangkat tema "Learning from Evidence: Assessing Progress and Impact".

Tema ini mencerminkan fokus konferensi dalam meningkatkan kualitas asesmen sebagai alat untuk mengukur kemajuan dan dampak dari sebuah program pendidikan. Partisipasi Talentlytica di ICAL 2024, tak hanya mengukuhkan posisi Talentlytica sebagai inovator terdepan di sektor teknologi HR, tetapi juga menunjukkan kiprahnya hingga kancah internasional dalam menyediakan solusi asesmen berkualitas tinggi. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler