Tambah Alat, Pelindo III Gelontorkan Rp 70 Miliar

Senin, 25 November 2013 – 16:48 WIB
Pelindo III yang akan menambah alat bongkar muat salah satunya untuk memindahkan petikemas dari darat ke dalam kapal. FOTO: Thomas Kukuh/JPNN

jpnn.com - SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III baru saja menandatangani pemesanan alat bongkar muat dengan Dalian Huarui Heavy International Co, Ltd (pemasok alat bongkar muat dari Tiongkok) di Kantor Pusat PT Pelindo III Surabaya, Jawa Timur, Senin, (25/11).

Tak tanggung-tanggung, untuk berinvestasi peralatan bongkar muat tersebut, Pelindo III merogoh kocek sebesar USD 68,2 juta atau sekitar Rp 70 miliar.

BACA JUGA: Garuda Indonesia ATR72-600 Layani Kota Kecil

Rincian investasi itu diantaranya berupa pengadaan delapan unit Container Crane (CC) baru untuk Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Tanjung Perak dan Terminal Petikemas Semarang (TPKS) senilai USD 48,2 juta atau sekitar Rp 50 miliar.

"Serta pengadaan dua unit Grab Ship Unloader baru yang akan dioperasikan di Terminal Teluk Lamong senilai USD 19,9 juta atau sekitar Rp 20 miliar," ujar Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto melalui keterangan tertulisnya, Senin (25/11).

BACA JUGA: Malaysia Lirik Peluang Bisnis bersama Investor Indonesia

Penambahan pemesanan alat bongkar ini kata Edi dilakukan seiring dengan tumbuhnya arus petikemas di berbagai pelabuhan. Karenanya perseroan tak sungkan untuk mengelontorkan dana lagi.

"Peningkatan arus petikemas di lingkungan PT Pelindo III selama ini menunjukkan bahwa angkutan barang melalui transportasi laut menggunakan petikemas saat ini menjadi primadona. Ini juga menjadi salah satu alasan manajemen PT Pelindo III kembali berinvestasi menambah delapan unit container crane, di samping dalam rangka peningkatan pelayanan kepada customer," terang dia.

BACA JUGA: AirAsia Gelar Promo Kursi Gratis Ke Luar Negeri

Dari total pengadaan delapan unit CC, empat unit CC akan dialokasikan pada Pelabuhan Banjarmasin. "Saat ini di Pelabuhan Banjarmasin telah tersedia empat unit CC, sehingga total nantinya tersedia delapan unit CC di Pelabuhan Banjarmasin. Nantinya direncanakan dua unit CC eks Pelabuhan Banjarmasin akan direlokasi di Pelabuhan lainnya di pulau Kalimantan," pungkas Edi. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perbankan Berebut Devisa Hasil Ekspor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler