Tambahan Dana untuk Perbaiki Tambak Pantura Jawa

Rabu, 28 Maret 2012 – 23:49 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Cicip Sutardjo dalam rapat kerja di Komisi IV DPR, Rabu (28/3). Foto : M Fathra Nazrul/JPNN

JAKARTA – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp.1,2 triliun dalam APBN Perubahan 2012. Selain itu sesuai Nota Keuangan APBNP 2012, KKP juga mengajukan penambahan anggaran sebesar Rp.170 miliar.
 
Menteri KKP, Syarif Cicip Sutardjo saat ditemui JPNN usai rapat kerja di Komisi IV DPR, Rabu (28/3), menyatakan bahwa anggaran tambahan itu jika disetujui akan digunakan untuk  memperbaiki dan merehabilitasi budidaya tambak. "Rencana kita itu untuk 135 ribu hektar, dan ini baru kurang lebih 10 ribu, malah belum tentu bisa karena banyak anggaran yang dipotong juga,” kata Syarif.
 
Rencananya, lanjut menteri yang juga politisi Golkar itu, program tersebut akan direalisasikan di berbagai daerah. Hanya saja, prioritasnya ada di Pantura Jawa dengan target luas areal tambak sekitar 80 ribu hektar. Selebihnya, program rehabilitasi akan dilakukan di kawasan tambak luar Jawa seperti Lampung, Sulawesi, serta daerah lainnya.

“Kita mau konsentrasi di Pantura, karena di sana paling miskin, nelayan di sana tidak bias melaut lagi, ikan di Laut Jawa sudah tidak ada. Makanya lebih sulit hidupnya dibanding daerah timur. Dengan program ini diharapkan nelayan bias beralih ke perikanan bidaya tambak,” harap Syarif.
 
Ia meyakini program itu akan dapat meningkatkan taraf hidup nelayan dan mengurangi angka pengangguran. Sebab, per  hektar tambak akan mempekerjakan tambahan 3 orang pekerja. Jika nantinya bisa dibuat 135 ribu hektar, maka akan mampu menyerap 400 ribu tenaga kerja,

“400 ribu itu ekuivalen dengan angka satu persen pertumbuhan ekonomi Kita. Jadi pendapatan nelayan bertambah, pendapatan negara juga bisa meningkat, kita prediksi mencapai Rp 30 triliun lebih dalam waktu 3 tahun, dan ini dampak  yang bisa langsung dilihat dan diukur,” tambah Syarif dengan nada optimis.(fat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jamin SBY Tak Bakal Bikin Rakyat Melarat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler