Tamini Square Diserbu Pencari Kerja

Rabu, 28 November 2012 – 10:00 WIB
RIBUAN orang memadati lantai 2 Mal Tamini Square di Jalan Taman Mini Raya, Jakarta Timur, kemarin. Mereka itu  para pencari kerja yang beradu nasib lewat Job Fair (Bursa Lowongan Kerja) 2012 yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans) Jakarta  Timur. Dalam even tersebut tersedia  lowongan  kerja berbagai  perusahaan  mulai  lulusan SMK hingga S2.

Mereka yang  datang berbondong-bondong dengan berpakaian rapi dan menenteng ijazah, daftar riwayat hidup, serta surat lamaran kerja. ”Saya datang untuk melamar kerja sebagai operator produksi. Targetnya, ya bekerja di perusahaan ternama, kebetulan kan di sini banyak yang membuka lowongan,” kata Agung, 23, pencari kerja lulusan SMK.

Pria yang datang bersama seorang temannya itu mengaku sudah menganggur enam bulan setelah putus kontrak dari perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya. ”Makanya, saya senang sekali dengan adanya Job Fair seperti ini. Karena bisa membantu saya mencari kerja kembali,” kata warga Jatinegara.

Senada dengannya, Yayah, 27, pencari kerja lainnya, mengatakan, kegiatan Job Fair tersebut juga dapat membantu dirinya mencari pekerjaan. ”Setidaknya saya bisa mencari batu loncatan sebelum mendapatkan pekerjaan yang benar-benar layak buat saya,” ucap sarjana Teknik Informatika jebolan Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah itu. Dia mengaku banyak menaruh banyak lamaran pekerjaan  pada stan-stan di Job Fair tersebut.

Kasudin Nakertrans Jaktim, Mujiyono, menerangkan, Job Fair tersebut merupakan salah satu langkah untuk menekan angka pengangguran di Jakarta. Dalam  even  tersebut dilibatkan 43 perusahaan swasta berskala nasional yang siap menyerap tenaga kerja.

”Perusahaan swasta itu bergerak di bidang manufaktur, asuransi, waralaba, jasa penjualan, dan sebagainya. Diharapkan kegiatan ini banyak menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Karena di sini tersedia 5.750 lowongan pekerjaan yang ditawarkan,” kata Mujiyono didampingi Kepala Seksi Penempatan dan Transmigrasi Sudin Nakertrans Jaktim, Jemdiana Laurensya.

Dalam Job Fair tersebuut, pihaknya juga membantu mempermudah syarat administrasi pencari kerja. Di antaranya dengan membuatkan kartu kuning secara gratis dan membuka stan interview. Dirinya pun optimistis, Job Fair yang berlangsung hingga hari ini, akan terus dikunjungi para pencari kerja.

”Sampai pukul 14.00 tadi saja sudah 1.500 pelamar yang datang. Semoga besok (hari ini) bisa lebih banyak lagi pencari kerja berkompeten yang datang,” tandasnya.(dni)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Proyek MRT Dipercepat 2 Tahun

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler