Tanah Dibeli Luthfi, Bekas Anggota DPD Berurusan dengan KPK

Rabu, 22 Mei 2013 – 00:47 WIB
JAKARTA – Kasus dugaan suap impor sapi dan pencucian uang dengan tersangka mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq (LHI), juga menyeret nama pengusaha asal Medan, Yopie Sasongko Batubara.

Akibatnya mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ini, terpaksa harus berhadapan dengan KPK. Dia dipanggil guna memberi kesaksian terkait seluas lahan miliknya yang dibeli LHI beberapa tahun silam.

Pemeriksaan diduga dilakukan guna mencari tahu apakah pembelian lahan tersebut memiliki keterkaitan dengan dugaan suap dan pencucian uang Luthfi di kasus impor daging sapi.

“Jadi saya dimintai keterangan karena pernah ada transaksi penjualan tanah di Leuwiliang, Bogor. Tanah itu tahun 2004 lalu saya jual kepada Ahmad Said. Jadi tidak jual langsung ke beliau (LHI), tapi lewat Ahmad Said. Lalu dari Ahmad Said dijual ke LHI. Saya diperkenalkan sama orang ke Ahmad Said. Dia (Said,red) itu makelar," ujarnya usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/5).

Menurut Yopie, tanah miliknya memang dijual cukup murah. Dimana nilainya hanya berkisar ratusan juta rupiah, padahal luasnya mencapai dua hektar. Namun menurut Yopie, harga jual ketika itu disesuaikan dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah di daerah tersebut.

“Saya rencananya mau bikin pabrik, tapi tidak ada modal, terus jual (tanah). Kalau tidak salah, (nilainya) ratusan juta rupiah saja. Tapi saya tidak ingat detailnya, udah lama," ujarnya.

Yopie terlihat tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.00 WIB. Ia tampak mengenakan batik bercorak garis-garis berwarna merah. Begitu tiba, ia langsung memasuki gedung KPK dan beberapa jam kemudian usai diperiksa, baru bersedia memberi keterangan pada wartawan.

Pemanggilan kali ini merupakan yang ketiga kalinya ditujukan terhadap Yoppie. Pada dua pemanggilan sebelumnya, Yopie diketahui berhalangan hadir.

Dalam kasus ini belum diketahui apakah KPK masih akan memanggil kembali yang bersangkutan. Namun begitu Yopie memastikan ia telah memberikan keterangan yang ia ingat, terutama terkait jual beli tanah dimaksud.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sewa Perusahaan untuk Ikut Lelang Proyek Simulator

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler