Tanaman Rumah yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Kamis, 13 Oktober 2016 – 04:39 WIB
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - CANTIK dengan cara instan tidak selamanya baik. Bahan kimia dalam kosmetik juga memiliki efek samping bagi kulit.

Pernah mengalami iritasi kulit? Nah, itu salah satu reaksi kulit sensitif. Perawatan kulit alami adalah solusi terbaik untuk merawat kulit.

BACA JUGA: Cobalah 4 Tips Mudah ini Bagi yang Susah Tidur di Malam Hari

Berikut beberapa tanaman alami yang baik untuk memelihara kelembutan dan kesehatan kulit, seperti dilansir laman Al-Arabiya, Senin (10/10).

1. Lidah buaya.

BACA JUGA: Wow! 728 Karya Ikut Sayembara Homestay Nusantara 2016

Aloe Vera adalah salah satu tanaman kecantikan yang paling populer, yang bisa tumbuh di dalam ruangan.

Gel di dalam lidah buaya/aloe vera memiliki banyak manfaat kecantikan, apakah itu untuk kulit atau rambut.

BACA JUGA: Keren! Go Digital Kemenpar Panen Pujian

Lidah buaya juga memiliki sejumlah sifat penyembuhan. Aloe Vera dikenal luas karena digunakan sebagai balm setelah Anda terpapar sinar matahari untuk mendinginkan kulit, menenangkan dan memperbaiki kulit yang rusak akibat berjemur.

Untuk wajah, aloe vera bisa digunakan sebagai pelembab bebas minyak untuk semua jenis kulit.

2. Witch hazel.

Witch hazel adalah tanaman lain yang efektif terhadap jerawat. Produk anti-jerawat justru sering menyebabkan iritasi pada kulit Anda, tetapi witch hazel bekerja dengan baik untuk menenangkan kulit secara keseluruhan.

Gunakan Witch hazel sebagai toner alami yang bisa menjadi alternatif sempurna untuk banyak produk kecantikan jika Anda alergi.

Caranya mudah, cukup campurkan jus lemon dengan ekstrak witch hazel dan air untuk membuat toner kulit.

Anda bisa menggunakannya setiap hari dan itu akan membantu menyingkirkan bekas luka jerawat dan membuat kulit Anda menjadi indah dan bercahaya.

3. Chamomile.

Chamomile adalah ramuan lembut yang memiliki banyak manfaat berguna, seperti untuk menenangkan kulit kering dan teriritasi, yang disebabkan oleh dermatitis dan eksim.

Ekstrak chamomile juga bisa digunakan untuk menenangkan semua jenis kulit. Teh yang terbuat dari bunga chamomile adalah obat penenang ringan.

Chamomile telah lama digunakan karena kemampuannya membantu pencernaan dan mengandung alpha-bisabolol, yang merupakan senyawa memperlambat proses penuaan dengan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Resep mudah adalah dengan menambahkan bunga chamomile kering ke air suling dan didihkan. Biarkan selama 20 menit, kemudian simpan campuran dalam botol kedap udara di lemari es.

4. Mawar.

Rose/mawar sudah lama digunakan sebagai pewangi alami. Mawar juga merupakan ekstrak yang sangat baik untuk semua jenis kulit, terutama bagi mereka dengan kulit sensitif.

Sebagai zat alami, mawar membantu mengencangkan pori-pori dan mengembalikan kekenyalan kulit.

Air mawar juga bisa membantu mengatasi iritasi kulit.

5. Rosemary.

Rosemary digunakan untuk membantu menggelapkan rambut.

Rosemary mengandung astringency alami, yang membantu membersihkan kulit berminyak.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengejutkan! 100.000 Homestay jadi Trending Topic di PBB


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler