Tanpa Dimodali, 200 Kelompok Sukarelawan Bergerilya demi Kemenangan RIDO

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 23:05 WIB
Sejumlah kelompok sukarelawan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di markas DPD Golkar DKI Jakarta, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024). Foto: dok sumber

jpnn.com, JAKARTA - Dukungan dari masyarakat terus mengalir untuk pasangan calon nomor urut 01 Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

Kali ini tujuh komunitas sukarelawan dari berbagai elemen masyarakat mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan RIDO.

BACA JUGA: Dihadiri Suswono, Aliansi Nelayan Pesisir Jakarta Deklarasi Dukung Pasangan RIDO

Sekretaris Tim Pemenangan RIDO, Basri Baco mengklaim, sudah ada 200 sukarelawan yang mendaftar untuk mendeklarasikan dukungannya kepada RIDO. Jumlah sukarelawan di setiap komunitas bervariasi, ada yang mencapai puluhan orang hingga ratusan orang.

“Secara total yang terdaftar itu sekitar 200 (komunitas) relawan, dan deklarasi ini adalah hari yang ke-5, dan rata-rata yang deklarasi ada 6-7 komunitas. Jadi yang sudah deklarasi kurang lebih sekitar 35 komunitas relawan,” kata Baco di DPD Golkar DKI Jakarta, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

BACA JUGA: RIDO Janjikan Sekolah Berkualitas Gratis untuk Warga Jakarta

Ketujuh kelompok sukarelawan yang mendeklarasikan dukungan hari ini adalah Pin E Peng, Bapera Jakpus, Aksi Rido, Prasasti, Tarik-Sus, Baja RK dan Sahrido.

Baco mengatakan komunitas-komunitas ini bergerak atas keinginan mereka sendiri untuk memenangkan RIDO di Pilkada Jakarta.

BACA JUGA: Di Bawah Komando H. Odink, Tokoh Multi Etnik di Jakarta Siap Menangkan RIDO

Mereka berkorban membantu memenangkan RIDO dengan bergerilya di jalur darat, yaitu melalui tatap muka dan diskusi di permukimannya.

“Suasana hari ini agak berbeda karena komunitas yang hadir adalah relawan-relawan yang besar yang ada di Jakarta, dan mereka membawa massa yang cukup banyak sehingga di lapangan ini kumpul sekitar 700-800 orang,” jelas Sekretaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta ini.

Baco memandang keberadaan sukarelawan sangat penting sebagai salah satu instrumen memenangkan pertarungan.

Mereka sangat dibutuhkan untuk mendorong dan mengajak masyarakat agar mendukung pasangan RIDO.

“Karena teman-teman relawan ini mereka bergerak dengan kemampuan sendiri, dengan dana sendiri. Mereka korbankan segalanya untuk pasangan RIDO,” ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta ini.

Selain itu, keberadaan sukarelawan yang sudah melakukan deklarasi ini akan dilibatkan di beberapa kegiatan kampanye.

Salah satunya adalah blusukan dan program aksi yang dilakukan oleh Tim Pemenangan RIDO.

“Ada beberapa program aksi dari tim RIDO yang akan segera diturunkan melalui peperangan darat, dan yang pelaksanannya bersama relawan dan ormas,” imbuhnya.

“Jadi nanti ada pengobatan gratis, ada sembako murah, ada bagi-bagi kacamata gratis dan ada bagi-bagi susu gratis,” sambungnya.

Untuk lokasi program ini, lanjut Back, akan diprioritaskan di permukiman padat penduduk dan yang memerlukan bantuan. Dia berharap, program ini bisa meringankan kebutuhan masyarakat Jakarta, terutama yang memang membutuhkan.

“Kami rata-rata menyasar daerah yang padat penduduk, dan yang kira-kira memang membutuhkan pengobatan gratis, kacamata baca gratis, tebus murah sembako, dan membutuhkan susu gratis,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan RIDO, Ahmad Riza Patria atau Ariza, mengapresiasi dukungan para komunitas sukarelawan kepada RIDO. Meski RIDO didukung oleh 15 partai politik di Jakarta, tapi keberadaan komunitas sukarelawan tetap dibutuhkan sebagai mesin pendulang suara di lapangan.

“Tentu dukungan para relawan tidak kalau hebat dari dukungan partai politik, karena relawan hadir penuh dengan keikhlasan, kerelaan, kesungguhan, tanpa pamrih, tanpa jabatan dan tanpa iming-iming,” kata Ariza. (dil/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler