Tanpa Mesin Jet, Ini Keunggulan Pesawat Rancangan BJ Habibie

Kamis, 22 Februari 2018 – 21:28 WIB
Replika pesawat R80 gagasan Presiden Ketiga RI BJ Habibie. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Desain pesawat R80 rancangan Presiden Ketiga RI BJ Habibie mengunakan baling-baling sebagai mesin pendorong. Padahal, sekarang hampir semua pesawat sudah menggunakan mesin jet sebagai pendorong.

Mengenai hal tersebut, Komisioner PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie mengatakan, baling-baling sangat cocok untuk tipikal penerbangan jarak pendek dan antarpulau seperti di Indonesia.

BACA JUGA: PT RAI Gandeng Perusahaan Italia Garap Komponen Pesawat R80

"Baling-baling memang tidak bisa secepat jet. Tapi daerah Indonesia ini, pesawat terbang jarak pendek. Jadi kekurangan dari segi kecepatan tidak memengaruhi, paling (selisihnya) sepuluh sampai 20 menit," kata Ilham di kediaman BJ Habibie, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/2).

Selain itu, kata putra Presiden Ketiga RI BJ ini, mesin baling-baling R80 lebih irit memakan avtur dibandingkan jet. Ilham memprediksi, baling-baling R80 lebih hemat setidaknya 20 persen.

BACA JUGA: Habibie Harap PT DI Bantu Pengembangan Pesawat R80

"Baling-baling juga bisa terbang dan tinggal landas di landasan yang lebih pendek," jelas Ilham.

Mengenai pasar pesawat R80 ini, kata Ilham, sangat cocok untuk daerah kepulauan, negara kecil dan negara dengan infrastruktur bandara yang belum memadai. Pasarnya adalah negara ASEAN, seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. (tan/jpnn)

BACA JUGA: Sandiaga Uno Serahkan Jaket dari BJ Habibie ke KPK

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Jokowi Memang Tulus dan Rendah Hati, Nih Buktinya


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler