Tantangan Berlanjut bagi Sang Juara

Selasa, 12 Oktober 2010 – 12:35 WIB
TANTANG - Latihan tim Spanyol di Hampton Park, jelang laga lawan tuan rumah Skotlandia pada lanjutan kualifikasi Euro 2012. Foto: Getty Images/UEFA.com.
LONDON - Tanpa sejumlah bintang yang cedera, Spanyol memetik kemenangan kedua di kualifikasi Euro 2012 akhir pekan lalu (9/10)Mereka mengalahkan Lituania 3-1 di Salamanca

BACA JUGA: Persaingan Berebut Gelar MVP

Namun, tantangan belum selesai
Masih tanpa lima anggota skuad pemenang Piala Dunia 2010, pasukan Vicente del Bosque harus bertamu ke Hampden Park, Glasgow, demi menghadapi Skotlandia dini hari nanti (siaran langsung tvOne pukup 01.50 WIB).

Sebenarnya, ini bukan tugas yang terlalu sulit buat La Furia Roja, sebutan Spanyol

BACA JUGA: Pedrosa Target Comeback di Australia

Sebab, tuan rumah juga sedang tidak dalam bentuk terbaiknya
Akhir pekan lalu, Darren Fletcher dkk menelan kekalahan 0-1 ketika bertamu ke Republik Ceko, dan terancam kehilangan empat pemain pilar sekaligus.

Ya, Skotlandia kemungkinan besar tidak akan diperkuat bek tangguh Alan Hutton serta gelandang Gary Caldwel

BACA JUGA: Bangga Dapat Kaus Luis Suarez

Selain mereka, masih ada dua pemain lagi yang absen dari sesi latihan Senin pagi (kemarin, Red)Bahkan, kondisi Fletcher juga sempat diragukan setelah mengalami benturan saat melawan CekoNamun, gelandang Manchester United itu dipastikan bisa turun sejak menit pertama.

"Kami harus tetap all out sekaligus waspadaSemua tim pasti ingin memetik kemenangan di kandang, dan mengalahkan juara duniaPasti itu jadi motivasi ekstra buat Skotlandia," papar Santi Cazorla, gelandang Spanyol, kepada BBC Scotland"Mereka akan mencoba menunjukkan bahwa mereka bisa mengimbangi kami," lanjutnya.

Satu hal lagi yang berpotensi jadi batu sandungan buat Spanyol adalah strategi ultra defensif yang diterapkan pelatih Craig LeveinKetika melawan Ceko, dia memakai skema yang sangat tidak umum, yakni 4-6-0, alias tanpa striker sama sekaliSepanjang tahun ini, Spanyol selalu kesulitan jika menghadapi tim yang bertahan total.

Strategi itu memang tidak membuahkan kemenangan bagi The Tartan Army, sebutan SkotlandiaMereka sama sekali tidak mendapatkan kesempatan untuk melancarkan serangan balikHingga akhir laga, Fletcher dkk sama sekali tidak melepaskan tendangan ke gawangNamun, kubu Spanyol tidak ingin mereka mengulang strategi yang sama.

"Kami tidak tahu strategi apa yang akan diambil Skotlandia untuk melawan kami," kata Cazorla"Lituania bermain sangat defensif akhir pekan lalu, dengan banyak orang bermain di belakang bolaItu membuat kami sangat kesulitan menyusun seranganTentunya kami ingin mereka bermain lebih terbuka," lanjut penggawa Villarreal itu.

Dari pernyataan Levein, Skotlandia kemungkinan besar akan menunjukkan permainan yang berbedaMeski masih menekankan pertahanan, dia mengisyaratkan bakal menaruh satu penyerang di depanMenurutnya, skema 4-5-1 bakal membuat timnya lebih seimbang dalam bertahan dan menyusun serangan balik.

"Saya tidak bilang performa kami akan lebih agresifSaya pikir kami sudah cukup agresif ketika melawan Ceko," kata Levein, seperti dikutip Sky Sports News"Melawan Spanyol adalah game yang berbeda, sehingga taktiknya juga harus berbedaSaya merasa optimistis," imbuhnya.

Pelatih 45 tahun itu menyatakan bahwa La Furia Roja merupakan lawan terberat yang pernah dihadapi timnyaTapi, dia yakin kali ini strateginya bakal menuai hasil positif"Saya pikir mereka akan tetap memainkan sepak bola atraktifSedangkan kami hanya berusaha menunjukkan karakter Skotlandia," kata Levein.

Hingga dua hari jelang laga, Levein belum bisa mengira-ngira skuad yang bakal dia terjunkanDia masih menunggu kesiapan sejumlah penggawanya yang kemarin menjalani terapi pemulihan cederaAntara lain, bek Steven Whittaker dan gelandang Graham DorransMantan pelatih Heart dan Leicester City itu juga berharap Hutton bisa fit tepat pada waktunya.

"Hutton harus berjuang keras untuk pulihYang lain sudah berlatih ringan, tapi belum tentu bisa mainIni cukup menyulitkan saya," keluh Levein"Yang sudah pasti, (Gary) Caldwell tidak bisa main sejak menit pertamaDia sudah sembuh dari cedera, tapi masih kelelahanMungkin saya akan memasukkannya dalam daftar substitute," lanjutnya(na/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Skotlandia (4-5-1): 1-McGregor (g), 23-Berra, 5-Weir, 4-McManus, 3-Whittaker; 17-Maloney, 7-Fletcher, 10-Morisson, 15-Robson, 9-Naismith, 14-Miller
Pelatih: Craig Levein

Spanyol (4-2-3-1): 1-Casillas (g), 15-Ramos, 3-Pique, 5-Puyol, 11-Capdevilla; 16-Busquets, 14-Alonso; 6-Iniesta, 21-Silva, 7-David Villa; 19-Llorente
Pelatih: Vicente del Bosque

Head to Head
03/09/04  Spanyol v Skotlandia     1-1    (uji coba)
27/04/88  Spanyol v Skotlandia     0-0     (uji coba)
27/02/85  Spanyol v Skotlandia     1-0     (kualifikasi PD 1986)
14/11/84  Skotlandia v Spanyol     3-1     (kualifikasi PD 1986)
24/02/82  Spanyol v Skotlandia     3-0     (uji coba)

Di atas kertas
Catatan sejarah patut membuat Spanyol berhati-hatiDari total 11 pertemuan dengan Skotlandia, juara dunia ini hanya menang empat kali, dan kalah tiga kaliDua dari kekalahan itu terjadi ketika bertamu ke Skotlandia.

Bursa Asian Handicap
1 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hapus Kesedihan Markus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler