Target PDIP Sumbar di Pemilu 2024 Sungguh Luar Biasa, Semoga Terwujud

Selasa, 20 September 2022 – 21:38 WIB
Ilustrasi - Ketua PDI Perjuangan Sumbar Alex Indra Lukman dan Sekretaris Sutan Riska Tuanku Kerajaan (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

jpnn.com - PADANG - PDI Perjuangan memasang target yang tak main-main di Pemilu 2024 mendatang.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menargetkan meraih satu kursi di tiap daerah pemilihan, baik untuk DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

BACA JUGA: Dinilai Merakyat dan Penuh Inovasi, Ganjar Didoakan Sukses di Pemilu 2024

"Ini yang menjadi mimpi kami di Sumbar dan untuk mewujudkan mimpi tersebut kami mulai dari hari ini untuk menggerakkan semua potensi yang ada," ujar Ketua PDIP Sumbar Alex Indra Lukman di Padang, Selasa (20/9).

Untuk kursi DPR RI di Sumbar ada dua daerah pemilihan.

BACA JUGA: Hasto PDIP Merespons Pidato SBY, Syahrial Nasution Merasa Heran

Sumbar I terdiri dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Sijunjung, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Kota Padang, Solok, Sawahlunto, Padang Panjang.

Untuk Dapil Sumbar II terdiri dari Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman Barat, Pasaman, Kota Bukittinggi, Pariaman dan Payakumbuh.

BACA JUGA: Hasto PDIP: Kecurangan Itu Terjadi Saat Rezim Pak SBY, Bukan Era Presiden Jokowi

Total ada 14 anggota DPR RI dari Sumbar, sebanyak delapan orang dari Dapil Sumbar I dan enam orang dari Dapil Sumbar II.

Alex mengatakan semua paham fenomena yang terjadi pada pemilu 2019 lalu.

PDIP Sumbar kehilangan dua kursi di DPR RI dan itu terjadi karena pelaksanaan Pileg dan Pilpres bersamaan.

Hal tersebut tidak saja dirasakan partai berlambang banteng, tetapi juga partai lain di Indonesia.

"Saat itu semua fokus pada pilpres sehingga pemilu legislatif sedikit terabaikan," katanya.

Hal yang sama juga akan terjadi di Pemilu 2024, di mana pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dilaksanakan bersamaan.

Bedanya, setiap partai politik sudah memiliki pengalaman di Pemilu 2019 lalu sehingga memiliki trik tersendiri dalam menghadapinya.

Untuk Pileg Sumbar memperebutkan 65 kursi, terdiri dari delapan daerah pemilihan (Dapil).

Dapil Sumbar 1 meliputi Kota Padang dengan 10 kursi, Dapil Sumbar 2 meliputi wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman memperebutkan tujuh kursi.

Dapil Sumbar 3 meliputi Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi memperebutkan delapan kursi.

Dapil Sumbar 4 meliputi Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat tersedian sembilan kursi, Dapil Sumbar 5 meliputi Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh untuk enam kursi.

Dapil Sumbar 6 meliputi Kota Padangpanjang, Kabupaten Tanahdatar, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya memperebutkan 11 kursi.

Selanjutnya Dapil Sumbar 7 meliputi kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan yang menyediakan tujuh kursi dan terakhir dapil Sumbar 8 meliputi Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Kepulauan Mentawai memperebutkan tujuh kursi

"Belajar dari pengalaman sebelumnya, kami bermimpi mampu mengirim satu kader di setiap daerah pemilihan duduk di DPR baik pusat dan DPRD Sumbar," kata dia.

Hal itu juga berlaku di 19 kota dan kabupaten yang ada di Sumbar dan di setiap daerah itu pihaknya mengincar satu kursi dari setiap daerah pemilihan yang ada.

Menurut dia PDIP Sumbar telah menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk memberikan edukasi dan pematangan kepada setiap kader dalam mempersiapkan diri menghadapi pemilu.

PDIP memberikan pembekalan kepada kader terkait regulasi pemilu yang dipaparkan langsung oleh KPU dan Bawaslu Sumbar.

"Kami ingin kader paham dengan tahapan dan aturan pemilu sehingga dapat bekerja sesuai aturan yang ada," ucapnya.

PDI Perjuangan Sumbar juga menggelar seleksi terbuka.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung dapat mendaftarkan diri secara daring.

"Kami terbuka, bagi tokoh yang ingin mencalonkan diri menjadi kandidat anggota legislatif dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi."

"Mereka nanti akan menjadi bakal calon yang akan dievaluasi partai untuk menjadi calon anggota legislatif," kata dia.

Sementara itu Sekretaris PDI Perjuangan Sumbar Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyatakan pemetaan terhadap kekuatan partai telah dilakukan dengan baik dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Kami melihat kekuatan di Dharmasraya, Padang Pariaman, Pesisir Selatan,Pasaman Barat dan lainnya. Kami akan bekerja keras untuk meraih target yang ada," kata Sutan Riska. (Antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler