Taruna AAL Ikuti Pelayaran Navigasi Astronomi, Ini Rutenya

Sabtu, 04 Juni 2016 – 16:25 WIB
Kapal latih TNI AL jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) KRI Dewaruci mengadakan pelayaran Navigasi Astronomi. Kapal yang membawa 40 Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II ini bertolak dari dermaga Koarmatim, Ujung Surabaya, Sabtu, (4/6). FOTO: Dispen Koarmatim for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Sebanyak 40 Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II mengikuti pelayaran Navigasi Astronomi. Pelayaran ini menggunakan kapal latih TNI AL jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) KRI Dewaruci dengan Komandan Kapal Letkol Laut (P) W. Baruno Aji.

Kapal legendaris TNI AL ini mengangkut 33 taruna dan 7 taruni Korps Pelaut. Kapal kebanggaan TNI AL ini bertolak dari dermaga Koarmatim, Ujung Surabaya, Sabtu, (4/6) melewati Perairan Laut Jawa dan Perairan Kalimatan. Kemudian dilanjutkan ke perairan Sulawesi. Setelah itu kembali lagi ke Pangkalan Surabaya.

BACA JUGA: Simak Nih, Pesan Ibu Taruna AAL

Menurut Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, sebelum melaksanakan Pelayaran Navigasi Astronomi, seluruh Kadet Akademi Angkatan Laut diberikan pembekalan oleh Wakil Gubernur AAL Laksma TNI R. Edi Surjanto didampingi Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmatim Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna serta staf dari AAL.

“Pelayaran Navigasi Astronomi ini merupakan praktik yang sesungguhnya agar para taruna dan taruni dapat melaksanakan latihan ini sesuai pelajaran di kelas,” ujar Wagub AAL.

BACA JUGA: Politikus PPP Tolak PTN Dipimpin WNA

Selain itu, para taruna dan taruni juga dibekali oleh Perwira Pelaksanan Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Hariono.

Kepada seluruh taruna-taruni, Hariono menyampaikan selama pelayaran harus selalu mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan sesuai program latihan.

BACA JUGA: Bertubi-tubi, DPR Puji Mendikbud

Sebelum berlayar Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) W. Baruno Aji beserta seluruh Anak Buah Kapal (ABK) melaksanakan syukuran dan potong tumpeng agar kegiatan latihan dapat berjalan lancar serta aman hingga kembali ke Pangkalan.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Cara Cegah Radikalisme untuk Anak dan Pelajar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler