Tarung David versus Goliath

Minggu, 07 Maret 2010 – 04:34 WIB
Salah satu adegan dalam The Hurt Locker. Foto: Internet.
LOS ANGELES - Ada sejumlah hal yang membuat Academy Awards Ke-82 kali ini menarik disimakPertama, soal perubahan regulasi

BACA JUGA: Cokelat Kibarkan Cinta Indonesia

Jumlah nominasi film bertambah, yakni dari lima menjadi sepuluh
Kedua, para anggota Academy Awards yang mulai tak "alergi" dengan film bergenre sci-fi seperti Avatar atau animasi semacam Up.

Yang terakhir adalah kompetisi antara The Hurt Locker dan Avatar

BACA JUGA: Sandhy yang Bikin Penasaran

Persaingan dua film itu sudah ketat dalam sejumlah festival film
Kebetulan pula, sutradara keduanya adalah mantan pasutri

BACA JUGA: Glenn Sapa Penggemar dengan Lovevolution

Kathryn Bigelow (sutradara The Hurt Locker) adalah mantan istri James Cameron (sutradara Avatar).

Satu kebetulan lagi, keduanya sama-sama mendapat sembilan nominasi, termasuk film terbaik dan sutradara terbaikNamun, perbedaan genre dan pembiayaan dua film tersebut bak bumi dan langitAvatar didukung oleh produsen kuat Hollywood membutuhkan biaya superbesar USD 500 juta (sekitar Rp 4 triliun).

Sementara itu, bujet The Hurt Locker tak lebih dari seperseratusnya dan dikerjakan secara indieJika menang nanti, The Hurt Locker menjadi film terbaik Oscar dengan biaya produksi terendahSingkatnya, persaingan keduanya bak David lawan Goliath.

Perkembangan sepuluh hari terakhir tak mengenakkan bagi The Hurt Locker yang memang lebih difavoritkan daripada AvatarSalah seorang produsernya, Nicolas Chartier, melakukan kebodohan dengan "kampanye negatif" melawan Avatar melalui e-mail yang dikirimkan kepada sejumlah anggota pemilih Oscar.

Selain itu, muncul gugatan dari organisasi veteran Afghanistan dan Iraq yang menuntut The Hurt Locker karena menganggap ada pemutarbalikan tentang sosok tentara dalam film tersebut.

Namun, tidak berarti peluang The Hurt Locker tertutupMenurut AFP, sebagian besar pemilih tak terlalu risau atas masalah The Hurt Locker itu"Skandal The Hurt Locker tak akan banyak mengubah konstelasi," tegas Scott Feinberg, pengelola situs pengamat Oscar andthewinneris.com.blog.

Soal sutradara terbaik, hampir semua sepakat menunjuk Bigelow bakal menjadi perempuan pertama yang meraih Oscar sutradara terbaik"Tak peduli siapa yang menang di film terbaik, saya yakin Kathryn Bigelow akan menjadi sutradara terbaik," kata pengamat film dari Maxim, Pete Hammond"Hampir tidak mungkin Bigelow tidak menang," tambahnya.

Sementara itu, Sandra Bullock menempati pole position sebagai aktris terbaikNamun, aktris yang kali pertama masuk nominasi Oscar tersebut bakal mendapat persaingan keras dari Meryl StreepNama terakhir itu juga bermain sangat apik dalam Julie & JuliaAda pula nama Carey Mulligan yang baru saja mengungguli keduanya dalam ajang Bafta"Persaingan masih sangat ketatTapi, Sandra Bullock, tampaknya, bakal menang," ujar Hammond.

Untuk kategori aktor terbaik, akting Jeff Bridges yang memukau dalam Crazy Heart, tampaknya, akan mendatangkan Oscar pertama setelah dirinya lima kali dinominasikanSebelumnya, aktor 60 tahun tersebut meraih Golden Globes dan SAG AwardsSaingan terberat datang dari George Clooney (Up in the Air) dan Jeremy Renner (The Hurt Locker).

Untuk aktor pembantu pria terbaik, penampilan cemerlang Christoph Waltz sebagai Kolonel SS yang cerdik dan bengis dalam Ingloriuos Basterds, tampaknya, tak memiliki pesaingChristoph Waltz menyapu bersih semua festival film terkemuka sebelum OscarBegitu pula dengan aktris pembantu terbaik.

Menurut Lemire, kritikus film AP menyebut Mo"nique dengan apik memerankan seorang ibu yang kejam dan penyiksa, namun sekaligus korban keadaan itu sendiri"Aktingnya sebagai ibu yang tampak kejam sekaligus rapuh di ending film menunjukkan dia memang layak mendapat Oscar," tegasnya(ayi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Breakestra Menggoyang Tanpa Break


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler