Taspen Hadir di Mal Pelayanan Publik, Pensiunan PNS di Bekasi Silakan Merapat

Rabu, 17 November 2021 – 23:55 WIB
PT. Taspen buka mal pelayanan publik. Foto: source for JPNN

jpnn.com, BEKASI - PT. Taspen membuka mal pelayanan publik di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Mal pelayanan publik ini secara langsung diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (PAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Hadir mendampingi Menteri Tjahjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Plt Bupati Bekasi Akhmad  Marzuki, dan Direktur Operasional Taspen Mohamad Jufri dengan menerapkan protokol  kesehatan di Lotte Mart Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/11). 

BACA JUGA: TASPEN Raih Penghargaan dari KemenPANRB

"Taspen sebagai perusahaan yang  bergerak di bidang sosial, selalu berusaha untuk hadir di antara para peserta kami. Pembukaan di mal pelayanan publik ini merupakan wujud aktif Taspen untuk selalu memberikan  layanan terbaik yang memudahkan para peserta dalam memperoleh pelayanan. Kami berharap, ke  depan membuka lebih banyak mal pelayanan publik di daerah lain, sehingga Aparatur Sipil  Negara (ASN) dapat merasakan layanan Taspen secara lebih dekat," ujar Direktur Operasional Taspen Mohamad Jufri.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional Taspen Mohamad Jufri didampingi Direktur  Bank Mantap Iwan Soeroto secara simbolis menyerahkan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun kepada ASN atas nama Andri Kristianti dan Ramin dari instansi Pemerintah Kabupaten  Bekasi yang telah memasuki masa purnabakti.  

BACA JUGA: Simak! Ini Penjelasan Menkeu Sri Mulyani soal Penghematan Anggaran Gaji ke-13 PNS, TNI/Polri, dan Pensiunan

“Penyerahan manfaat kepada ASN dengan jumlah  yang telah ditetapkan merupakan komitmen dan wujud perhatian penuh dari Pemerintah atas  pengabdian ASN hingga masa purna bakti," ujar Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo

Tjahjo juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Taspen sebagai pengelola  jaminan sosial ASN, yang mana dalam mengelola program jaminan sosial ASN dan pejabat negara, mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA: Taspen untuk Indonesia Targetkan Vaksinasi Gratis untuk 100 Ribu Orang

Di antarana UU SJSN No. 40 Tahun  2004, UU ASN No.5 Tahun 2014, dan UU RPJP No.17 Tahun 2007, termasuk seluruh Peraturan Pemerintah dan Peraturan Kementerian yang mendasari operasional TASPEN.  

"Taspen memberikan layanan yang luar biasa dan proaktif sehingga peserta TASPEN tidak perlu  repot dalam pengurusan klaim TASPEN khususnya dalam masa pandemi ini," kata Tjahjo Kumolo. 

Layanan Klaim Otomatis 

Selain itu, Taspen berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada peserta dan  meningkatkan kinerja perusahaan serta memberikan value added guna meningkatkan  kesejahteraan peserta melalui inovasi-inovasi berkelanjutan melalui pelayanan berbasis teknologi. 

Saat ini, Taspen memiliki Layanan Klaim Otomatis (LKO) yang bertujuan untuk memudahkan  proses klaim bagi ASN yang memasuki usia pensiun.

Secara teknis, ASN yang memasuki masa  pensiun dapat menerima langsung Tabungan Hari Tua dan Pensiun pada saat purnabakti tanpa  harus datang langsung ke kantor Taspen.

Hal ini setelah hadir proses administrasi akan dibantu oleh pemda dan mitra perbankan yang bekerja sama dengan Taspen. 

"Layanan Klaim Otomatis ini kami  hadirkan sebagai bentuk apresiasi kami terhadap ASN yang telah berkontribusi bagi Indonesia.  Kami berharap layanan terbaru ini dapat memudahkan para ASN yang memasuki masa pensiun  dalam menerima manfaat dari TASPEN," ujar Mohamad Jufri

Taspen merupakan BUMN yang mengelola jaminan sosial bagi para ASN dan pejabat negara di  seluruh Indonesia dengan empat program unggulan yang terdiri dari Program Tabungan Hari Tua (THT),  Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.

Memiliki pengalaman lebih dari 58  tahun, Taspen terus melakukan inovasi layanan untuk kemudahan para pesertanya, dan tetap  fokus dalam melayani ASN, pejabat negara, dan non-ASN pada Instansi Pemerintah. 

Selama masa pandemi, Taspen menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta, salah  satunya dengan menghadirkan digital otentikasi.

Layanan ini memungkinkan peserta melakukan  otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.

Untuk  menghindari penularan COVID-19, Taspen meluncurkan layanan Taspen Pesona (Tanggap Andal  Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang  meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler