Teater Setengah Bulan

Selasa, 22 Oktober 2013 – 20:06 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Teater Koma kembali menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu kelompok teater papan atas di Indonesia. Didukung Djarum Apresiasi Budaya, mereka akan menggelar pertunjukan bertajuk Ibu. Menurut rencana, acara itu akan digeber di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 1-17 November mendatang.

Itu merupakan pertunjukan ke-131 Teater Koma. Cerita itu disadur dari karya dramawan Jerman, Bertolt Brecht bertajuk Mutter Courage und ihre Kinder  atau Mother Courage and Her Children. Lakon yang bercerita tentang perang abad ke-17 itu disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di abad ke-20.

BACA JUGA: Marcella Zalianty Lahirkan Putra Kedua

Pertunjukan itu bercerita tentang Ibu Brani yang mencium peluang bisnis di tengah perpecahan yang melanda negaranya. Tanpa peduli pada kehancuran dan kebobrokan yang ada di sekitarnya, Ibu Brani bertekad meraih untung dan berharap perang tidak pernah berakhir. Namun, ketika kedua putranya direkrut menjadi tentara, Ibu Brani berada dalam ketidakpastian, antara meraih ambisinya atau menjadi korban perang.

"Tema ini sesuai dengan keadaan masyarakat kita yang tengah dirundung ketidakpastian antara
idealisme maupun realitas. Naskah ini sendiri sudah dipersiapkan sejak tahun 80-an. Namun karena berbagai hal, baru bisa dipentaskan pada tahun ini,” terang Nano Riantiarno yang bertindak sebagai sutradara.

BACA JUGA: Kronologis Kecelakaan Maut Versi Dul

Pihak Djarum juga mengaku senang bisa menjadi bagian dari pertunjukan itu. Sebab, selama ini, Teater Koma selalu berhasil menggelar pertunjukan yang bermutu tinggi.

“Selama 36 tahun keberadaannya, Teater Koma telah banyak melahirkan para seniman yang produktif untuk mengembangkan dan memajukan seni pertunjukan di Indonesia. Tidak banyak kelompok seniman yang mampu menggelar pertunjukan berminggu- minggu. Teater Koma merupakan salah satu yang konsisten memproduksi karya-karya yang berkualitas," tegas Renitasari Adrian,  Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. (jos/jpnn)

BACA JUGA: Perkawinan Kelly Clarkson Dibocorkan Koki

BACA ARTIKEL LAINNYA... Andhika Tegaskan The Titans tak Bubar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler