Tekan Kriminalitas di Lampung, Begini Saran Anggota DPR ke Irjen Hendro Sugiatno

Selasa, 19 Oktober 2021 – 11:10 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari meminta Polda Lampung  terus meningkatkan SDM Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantibmas).

Menurutnya, hal itu guna menekan angka kriminalitas di wilayah Lampung.

BACA JUGA: Angka Kriminalitas pada Orang Asli Papua Meningkat, Begini Respons Bernolfus Tingge

Dia mengungkapkan, sesuai arahan Kapolri, dirinya berharap Polda Lampung terus mengintensifkan dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat.

“Makanya Polda harus terus mendorong peran Bhabinkantibmas. Karena mereka ini garda terdepan dalam melakukan pencegahan kriminalitas,” papar Tobas, sapaan akrab Taufik Basari melalui keterangan tertulisnya yang diterima JPNN.com, Selasa (19/10).

BACA JUGA: Marak Aksi Kriminalitas di Pusat Kota Cirebon, Polisi Diarak-Ditelanjangi Geng Motor, Satpam Bank Disiksa

Kunjungan Tobas di Mapolda Lampung dalam rangka reses diterima langsung Kapolda Irjen Hendro Sugiatno.

Dalam kesempatan itu, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR  ini mengatakan, tingginya angka kriminalitas saat ini berkorelasi dengan situasi pandemi Covid-19 yang belum usai.

BACA JUGA: Polri Klaim Tingkat Kriminalitas Alami Penurunan setelah Lebaran

“Adanya pandemi, perekonomian turun, banyak usaha-usaha yang tutup, kantor tutup, ini berkorelasi dengan meningkatnya angka kriminalitas,” ujarnya.

 Menurutnya, Polda Lampung telah berhasil melakukan pembinaan terhadap masyarakat dan mengintensifkan peran Bhabinkantibmas.

“Saya melihat kerja ini sudah dilakukan dengan baik oleh Polda Lampung. Sudah banyak penanganan kasus dilakukan secara profesional,” ujar legislator Dapil Lampung I itu.

Taufik pun berharap peran serta masyarakat dalam membantu peran Polda serta Polres dan Polsek se-Lampung untuk mencegah tindakan kriminalitas di Provinsi Lampung.

“Guyub Polda, Polres dengan masyarakat ini lah yang menjadi kunci keberhasilan dalam penindakan maupun pencegahan tindak kriminalitas,” harap Tobas.

Di sisi lain, Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno mengapresiasi atas kunjungan kerja mitra Polri, Anggota Komisi III DPR  Taufik Basari.

“Banyak arahan serta saran yang telah diberikan, yang intinya untuk membangun Polda Lampung ke depan lebih baik lagi,” kata Irjen Hendro.

Irjen Hendro memastikan pihaknya telah banyak melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang tujuannya untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler