Tekuk Australia, Jepang Jawara Asia Lagi

Minggu, 30 Januari 2011 – 01:13 WIB

DOHA - Jepang kembali menciptakan sejarah setelah mampu memenangi partai final Piala AFC Asian Cup 2011 yang berlangsung di stadion Al Khalifa, Doha, Qatar, Sabtu (29/1)Anak asuh Alberto Zaccheroni ini mampu mengandaskan perlawanan Australia dengan skor 1-0.

Kemenangan ini membuat Jepang menjadi tim yang paling banyak menjuarai piala AFC

BACA JUGA: Chelsea Tawar Torres Rp 496 Miliar

Menjungkalkan Australia di final menjadikan tim berjuluk The Blue Samurai ini menjadi jawara Asia untuk keempat kalinya
Jepang menggagalkan ambisi Australia yang juga ingin menciptakan sejarah dengan menjadi juara untuk pertama kalinya.

Gol semata wayang dalam pertandingan tersebut tercipta di menit ke ke 18 babak ekstra time dari kaki Tadanari Lee

BACA JUGA: Li Na Pamer Nasionalisme

Pemain Sanfrecce Hiroshima ini berhasil membobol gawang lawan lewat tendangan Voli kaki kirinya
Ia berhasil  memanfaatkan umpan silang Nagatomo dengan menceploskan bola ke gawang Australia yang dikawal Mark Scwharzer.

Hasil ini sangat menggembirakan bagi kubu Jepang setelah sepanjang pertandingan mendapat tekanan dari para pemain Australia

BACA JUGA: Nerazzurri Gaet Pazzini

Sejak babak pertama, Australia memperlihatkan kemampuannya dengan serangan bertubi-tubi ke pertahanan JepangHanya saja, semua peluang emas Tim Cahill Cs tak bisa dimaksimalkan menjadi sebuah gol.

Peluang emas pertama anak asuh Holder Osieck yang melatih Australia dimulai di menit ke 18Sundulan Tim Cahill mengarah ke gawang mampu ditepis kiper Jepang, Eiji KawasimaAustralia kembali mengancam gawang Jepang di menit ke 31 melalui penyerangnya Harry Kewel yang kini bermain di liga Turki, GalatasarayMenerima umpan cantik Cahill, Kewel yang berdiri tak terkawal di depan gawang lawan tak mampu menyelesaikannya dengan baikTendangan keras kaki kanannya hanya melambung ke atas gawang.

Menit ke 47 tendangan menggantung Luke Wilkshire dari sisi kanan mengenai mistar gawang dan memantul tepat di garis gawang lalu mengenai Cahill dan bola menuju kearah gawangUntung saja ada Maya Yoshida yang menahan bola dengan dada lalu membuang bola pada kemelut di mulut gawang itu.

Berikutnya, menit ke 71 Herry Kewel melepaskan diri dari jebakan off side dan membawa bola berhadapan dengan kipper lawanTapi, tendangan kaki kanannya mampu ditahan kiper JepangPemain muda Robbie Kruse yang masuk menggantikan Kewell di menit 12 ekstra time juga hampir menggetarkan jala lawan di menit ke 13Sundulannya mengarah ke sudut kanan gawang yang dijaga Kawasima namun masih mampu diselamatkan kiper Jepang itu.

Peluang emas Jepang didapat di menit ke 65 melalui heading Shinji OkazakiUntung saja sundulan pemain bernomor punggung 9 ini masih meluncur tipis di samping kanan gawang SchwarzerOkazaki tak mampu memanfaatkan umpan cantik Yuto Nagatomo setelah menusuk di sisi kiri lapangan.

Menit ke 72 Jepang kembali mengancam gawang SchwarzerMelalui sebuah serangan balik, pemain andalannya Keisuke Honda yang kini bermain untuk klub Rusia, CSKA Moskow mampu melepaskan diri dan melepaskan tendanganUntung saja, tendangannya melebar.

Tak banyak peluang Jepang pada pertandingan ituJustru pemain Australia yang terus menekan sepanjang pertandinganBeruntung anak asuh pelatih asal Italia, Alberto Zaccheroni ini punya kiper sehebat Eiji Kawashima yang selalu menggagalkan serangan lawanPantas saja, ia dijadikan man of the match dalam pertandingan itu.

Tiga kartu kuning diberikan wasit Ravshan Irmatov yang memimpin pertandingan kepada dua pemain AustraliaMasing-masing di menit ke 15 kepada Carl Valeri yang bermain di klub Seri B Italia Sassuolo dan menit ke 38 kepada pemain bernomor punggung 14, Brett HolmanKartu kuning terakhir diberikan kepada Mat Mc Kay di menit ke 20 babak ekstra time.(sto/jpnn)


Daftar Juara Piala Asia Tahun Negara 2011 Jepang 2007 Iraq 2004 Jepang 2000 Jepang 1996 Arab Saudi 1992 Jepang 1988 Arab Saudi 1984 Arab Saudi 1980 Kuwait 1976 Iran 1972 Iran 1968 Iran 1964 Israel 1960 Korea Selatan 1956 Korea Selatan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terjual, 10 Ribu Tiket Figo Menggiring Bola


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler