Tema HUT ke-75 RI, Azizul: Harus Bekerja Ekstra Keras

Minggu, 16 Agustus 2020 – 12:53 WIB
Tema HUT ke-75 RI: Indonesia Maju. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tema HUT-75 RI tahun ini adalah Indonesia Maju.

Tema HUT ke-75 RI tersebut dicanangkan di tengah kondisi bangsa yang sedang dihajar pandemi COVID-19.

BACA JUGA: 3.040 Dokter Menolak Memakai Vaksin Covid-19, Sputnik V

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Azizul mengatakan Indonesia sebagai negara besar dalam HUT ke-75 ini, sedang menghadapi suatu ujian besar dengan adanya pandemi COVID-19.

"Berbeda dengan peringatan HUT Kemerdekan RI tahun-tahun sebelumnya, maka tahun ini seluruh elemen bangsa harus mau bekerja ekstra keras dengan tugas dan fungsinya masing-masing sehingga roda kehidupan harus tetap berjalan," ujar Azizul, di Medan.

BACA JUGA: 38 Orang di Lingkungan DPRD Jabar Positif Covid-19, Termasuk 7 Anggota Dewan

Ia menyebutkan, untuk "Indonesia Maju" yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam RPJM 2019-2023 tentunya banyak penyesuaian pada berbagai aspek kehidupan dan salah satu terpenting adalah refocusing APBN tahun 2020 yang terfokus pada pandemi COVID-19.

Sehubungan dengan itu melihat persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia harus diperkuat dengan semangat juang yang termaktub dalam semangat Kemerdekaan RI.

BACA JUGA: Nawawi Pomolango Beber 6 Fakta Keributan dengan Mumtaz Rais

"Khusus di bidang ekonomi, walaupun pertumbuhan. Saat ini adalah minus 5 persen. Namun kita masih dapat bertahan karena Indonesia berbasiskan pada SDA, dan masyarakat Indonesia masih lebih banyak yang tinggal di Desa dengan potensinya masing-masing," ujarnya.

Azizul berharap hikmah menghadapi COVID-19 ini dapat memperkuat dan menyatukan gerak langkah segenap elemen bangsa untuk dapat mewujudkan Indonesia Maju dan Berdaulat. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler