Tenang, Satgas Karhutla Sudah Terjun di Tiga Provinsi

Selasa, 20 Februari 2018 – 22:09 WIB
Manggala Agni KLHK di Pekanbaru. Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memastikan titik api (hotspot) di Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah sedang ditangani Satgas Operasi Karhutla.

Satgas itu terdiri jajaran Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, dan kelompok masyarakat.

Menurut Siti, status di ketiga provinsi tersebut sudah siaga darurat, tapi sudah dalam penanganan di lapangan.

Dia juga telah berkomunikasi dengan gubernur ketiga provinsi tersebut .

"Kalbar dan Kalteng lagi ditangani. Saya sudah kontak gubernurnya. Pak Gubernur pagi tadi saya kontak, tadi siang nih jalan kemari juga saya teleponan Gubernur Kalteng. Riau, Kalbar, Kalteng sudah siaga darurat," ujar Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/2).

Siti juga mengatakan telah berkoordinasi dengan Kepala Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei untuk mengirimkan helikopter guna memadamkan titik api.

"Tadi sudah kontak Pak Willem kepala BNPB, sudah disiapkan helikopter untuk Riau, Kalbar dan Kalteng, " kata Siti.

Siti juga telah meminta kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mempercepat proses pengiriman helikopter tersebut. 

"Ini kan (di Istana) ada Pak Budi Karya (Menteri Perhubungan), saya mau bicara saya minta izinnya dipercepat (helikopter) biar cepat selesai. Langkah -  langkahnya dilakukan,  satgas di lapangan juga sudah jalan," ujar Siti.

Sejauh ini, menurutnya, jumlah titik api, pada hari ini, Selasa (20/02) mengalami penurunan dibanding pada Senin (19/02).

"Kemarin agak banyak. Hari ini lebih sedikit. Hari ini 67 untuk peluang 60 persen dan 92 untuk peluang 30 persen, 40 persen. Tadi nggak terlalu. Kalbar sudah kurang titik apinya. Riau dan Kalteng tadi juga masih ada, mungkin 20-30-an tersebar di Kalteng, Kalbar, Riau. Sumut juga kalau lihat hotspot-nya, titik-titiknya ada. Sudah langsung operasi dengan helikopter untuk pemadaman," ungkap Siti.

Hingga sore tadi, dia mengatakan jumlah titik hotspot menurun menjadi 27 titik dengan kemungkinan hotspot menjadi firespot sebesar 60 persen. (flo/jpnn)

BACA JUGA: KLHK: Waspada Periode Rawan Karhutla 2018

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manggala Agni Padamkan Karhutla di SM Rawa Singkil


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler