Terapkan Kecerdasan Buatan, Kalbe Morinaga Dapat Penghargaan Tingkat Dunia

Minggu, 06 Oktober 2024 – 12:15 WIB
Kolaborasi strategis Kalbe Nutritionals dengan Morinaga Milk Industry Japan menghadirkan produk nutrisi berkualitas di Indonesia melalui teknologi mutakhir dan keamanan pangan, mendapatkan pengakuan internasional. Foto dok. Kalbe

jpnn.com, JAKARTA - Kolaborasi strategis Kalbe Nutritionals dengan Morinaga Milk Industry Japan menghadirkan produk nutrisi berkualitas di Indonesia melalui teknologi mutakhir dan keamanan pangan, mendapatkan pengakuan internasional. Salah satunya adalah ISO-FSSC 22000 dan ISO 9000.

"Dengan menerapkan inovasi pada aspek otomatisasi dan kecerdasan buatan, kami mencapai tingkat presisi dan keamanan pangan yang tak tertandingi di setiap tahap produksi," kata President Director PT. Kalbe Morinaga Indonesia Andy Chendra, Minggu (6/10).

BACA JUGA: Kalbe Dukung Pemerintah Kembangkan Inovasi Fasilitas Stem Cell dan Bioteknologi

FSS atau Food Safety System Certification 22000, merupakan skema sertifikasi keamanan pangan berdasarkan standar ISO 22000 yang telah diakui secara internasional.

Sertifikasi FSSC 22000 menjadi bukti bahwa produk tersebut telah memenuhi standar keamanan pangan dan bebas dari kontaminasi.

BACA JUGA: Bantu Ortu Pilih Makanan Tepat untuk Anak, Kalbe Nutritionals Hadirkan Susu Harga Terjangkau

"Hal ini menunjukkan komitmen untuk selalu mengedepankan teknologi mutakhir dan standar manufaktur tertinggi dalam setiap prosesnya," ucapnya.

Sementara, ISO 9000 merupakan standar internasional Sistem Manajemen Mutu. Selain itu, juga penghargaan Special Award TPM dari Jepang, pengakuan National Lighthouse 4.0 dari pemerintah Indonesia (Kemenperin), dan penghargaan proper kategori Biru untuk keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA: Kalbe Nutritionals All Out Tingkatkan Kesehatan Anak

“Dengan inisiasi penggunaan kecerdasan buatan (AI), kami dapat melakukan kontrol kualitas secara efektif, mengeliminasi kesalahan, dan memastikan produk yang aman juga bernutrisi tinggi bagi konsumen,” ungkapnya.

Kualitas terbaik dimulai dari pengadaan bahan baku, proses seleksi yang ketat termasuk melakukan kunjungan ke fasilitas pemasok yang dilakukan untuk menilik proses yang dilakukan agar memberi hasil akhir yang memenuhi standar kualitas. 

Pasokan yang telah diterima Kalbe Morinaga Indonesia pun diperiksa terus menerus kandungannya secara saksama, untuk menjaga tidak ada penurunan kualitas produk sedikit pun, apalagi kontaminasi bahan berbahaya.

Director PT. Kalbe Morinaga Indonesia Yudha Agus Tri Basuki menjelaskan, Special Award TPM adalah penghargaan tingkat dunia yang diberikan pemerintah Jepang sebagai pengakuan atas praktik manajemen produktivitas total yang luar biasa, memastikan efisiensi dan kualitas tinggi di seluruh lini produksi.

Lighthouse 4.0 dari pemerintah Indonesia (Kemenperin) dianugerahkan kepada pabrik yang telah mengadopsi teknologi Industri 4.0, termasuk otomatisasi dan AI. 

"Untuk mendapatkan pengakuan seperti penghargaan yang bersifat internasional seperti TPM tentu bukan usaha yang mudah," ujarnya.

Dia menyebutkan, Special Award TPM yang diperoleh Kalbe Morinaga Indonesia adalah yang sangat advance untuk menuju jenjang tertinggi, yaitu World Class yang sekarang hanya disandang perusahaan-perusahaan otomotif.

Kalbe Morinaga Indonesia menjadi perusahaan makanan-minuman pertama yang memperoleh penghargaan di level ini.

“Butuh 15 tahun untuk mencapainya. Kami sendiri optimistis kategori World Class akan bisa diraih tak lama lagi,” ungkapnya.

Director of Woman, Baby, and Children Nutrition Kalbe Nutritionals Ronald Unadi menjelaskan pihaknya menekankan pada keunggulan teknologi, standar manufaktur tinggi yang dikombinasikan dengan pengalaman panjang dan belajar dari berbagai sumber terbaik di seluruh dunia. Hal ini telah menghasilkan produk nutrisi terbaik yang mampu mendukung tumbuh kembang anak optimal.

"Kami berkomitmen terus memberikan produk nutrisi terbaik yang membantu mereka menjaga dan membesarkan buah hatinya secara optimal,” pungkasnya. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler