Bantu Ortu Pilih Makanan Tepat untuk Anak, Kalbe Nutritionals Hadirkan Susu Harga Terjangkau

Kamis, 04 April 2024 – 14:37 WIB
Membantu orang tua memilih makanan tepat untuk anak, KALBE Nutritionals hadirkan susu harga terjangkau. Foto dok. KALBE Nutritionals

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI terus berupaya menurunkan angka stunting untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Banyak upaya dilakukan untuk mencapai tujuan ini, mulai dari keluarga yang harus memastikan pemenuhan gizi anak cukup untuk tumbuh kembangnya. 

BACA JUGA: Kalbe Tegaskan Komitmen Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

Dr. dr. Luciana Sutanto, MS. SpGK.(K) spesialis gizi klinik di RS Mitra Kemayoran, Jakarta menjelaskan pemenuhan gizi anak ini sebenarnya sudah dituangkan dalam pedoman makan yang disusun Kementerian Kesehatan lewat Peraturan Menteri Kesehatan No. 41 Tahun 2014.

“Di dalam pedoman gizi seimbang itu dijelaskan bagaimana porsi makan untuk anak, yaitu terdiri dari makan utama yang lengkap tiga kali satu hari, ditambah dua sampai tiga kali selingan, " kata dr. Luciana, Kamis (4/4). 

BACA JUGA: Kasus Kematian Akibat Rabies Diprediksi Melesat, Kalbe Kasih Tips Pencegahan 

Dia melanjutkan makanan utama terdiri dari sumber karbohidrat, lauk pauk baik hewani dan nabati, sayur serta buah.

Tidak kalah penting untuk dicermati, kunci menurunkan stunting dan menghindari risiko hambatan pertumbuhan adalah protein. 

BACA JUGA: Insan Kalbe Wujudkan Akses Kesehatan Gratis di Menes

Konsumsi asam amino esensial bersumber dari protein, merupakan variasi asupan protein.

Dibandingkan protein nabati, protein hewani mempunyai jenis asam amino lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, serta mempunyai bioavailabilitas atau kemampuan diserap lebih tinggi.

Asam amino yang merupakan bagian terkecil dari struktur protein ternyata memiliki banyak fungsi antara lain, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, memastikan produksi hormon pertumbuhan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

“Saya ingin menekankan pentingnya protein, karena merupakan sumber asam amino yang sangat diperlukan tumbuh kembang anak. Jadi, harus dilengkapi baik jenis maupun jumlahnya," ucap dr. Luciana. 

Dia melanjutkan komposisi protein hewani dianjurkan untuk lebih banyak dikonsumsi daripada protein nabati.

Sebab, kelebihan protein hewani yang lebih mudah diserap tubuh dan jenis asam aminonya lebih lengkap, sehingga bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak. 

"Tubuh manusia sebenarnya bisa membuat asam amino non esensial, tetapi tidak bisa membuat sendiri asam amino esensial, karena itu penting jadi bagian dari makanan anak-anak," sambung dr. Luciana.

Sementara itu, Health Communicator KALBE Nutritionals dr. Dewi Virdianti Pangastuti mengungkapkan tumbuh kembang anak bisa selalu dipantau dengan metrik tertentu.

“Anak usia empat sampai 12 tahun yang sedang tumbuh dan berkembang pesat membutuhkan asam amino yang cukup, " ucapnya. 

"Tugas orang tua memastikan asupan anak mendukung proses itu. Apakah asupan makanan anak cukup untuk tumbuh kembangnya bisa dilihat dari berat dan tinggi badannya dibandingkan dengan standar usianya," sambung dr. Dewi. 

Dalam membantu orang tua memilih makanan yang tepat untuk anak-anak, KALBE Nutritionals hadir dengan Morinaga Chil*Go! yang mengandung 9 asam amino esensial dalam bentuk susu bubuk.

Menurut Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals, susu ini diharapkan bisa membantu menghapus kekhawatiran orang tua akan asupan gizi cukup untuk pertumbuhan, perkembangan, kesehatan, dan kecerdasan anak.

“Susu Morinaga Chil*Go!, susu dengan harga terjangkau yang mengandung asam amino esensial, minyak ikan Omega 3 dan 6, serta kolin untuk memberikan dukungan nutrisi yang lengkap, " terangnya. 

Selain itu, diperkaya dengan serat pangan, tinggi Vitamin A, C, E, Zinc, kalsium, dan Vitamin D, serta 14 Vitamin dan 7 Mineral lainnya.

Susu harga terjangkau ini dirancang untuk mengoptimalkan pemenuhan gizi anak-anak demi tumbuh kembang yang optimal dan membantu pencegahan stunting, sambung Gregorius Daru. (esy/jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalbe Farma Buktikan Komitmen Mendukung Penguatan UMKM


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler