Terapkan Pengamanan Pagar Betis dari DPR Hingga Istana

Kamis, 16 Oktober 2014 – 19:19 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Polri akan menerapkan pengamanan pola pagar betis mulai dari DPR hingga Istana Negara pada pengambilan sumpah atas Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober nanti. Sebab, Jokowi-JK tidak hanya akan mengucap sumpah di MPR, tetapi juga melakukan arak-arakan dari Bundaran Semanggi hingga Istana Negara.

"Setelah pengambilan sumpah sesuai mekanisme yang berlaku akan ada beberapa kegiatan kemudian menuju Istana. Kami lakukan pagar betis pengamanan mulai Gedung MPR hingga ke HI dan Istana," kata Kapolri Jenderal Sutarman, Kamis (16/10).

BACA JUGA: Jadi Plt Gubernur, Kewenangan Ahok Terbatas

Dari HI, Jokowi-JK akan diarak menggunakan kereta kencana. Nantinya, kereta yang ditunggangi Jokowi akan menuju gerbang barat Istana Negara.

"Nanti disambut penghormatan militer oleh Paspampres. Ada acara militer," kata Sutarman.

BACA JUGA: Jokowi Minta Warga DKI Dukung Penuh Ahok

Setelah selesai dan pemeriksaan pasukan, Jokowi akan masuk ke Istana. Jokowi akan diperkenalkan dengan pejabat rumah tangga Istana.

Setelah itu, Jokowi akan mengantar Susilo Bambang Yudhoyono keluar Istana lewat pintu timur. "Nanti ada penghormatan terakhir kepada SBY sebelum ke Cikeas," ujar Sutarman.

BACA JUGA: Jokowi: Ahok Keras tapi Hatinya Lembut

Dia pun menegaskan, seluruh rangkaian kegiatan prosesi pelantikan dari awal sampai selesai akan diamankan. "Kami jamin keamanan seluruh rangkaian sidang mulai dari awal sampai akhir acara di Monas," katanya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Berhenti, Ahok Resmi Pimpin Pemprov DKI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler