Terbukti Nyabu, Bupati Wondama Divonis 8 Bulan

Selasa, 13 September 2011 – 23:09 WIB

MANOKWARI - Setelah melalui beberapa kali persidangan, Bupati  nonaktif  Kabupaten Teluk Wondama, Alberth H Torey dijatuhi vonis  kurungan 8 bulan penjara dan denda Rp 5.000 atas kasusn penyalahgunaan narkoba.  Putusan ini disampaikan pada sidang di Pengadilam Negeri Manokwari Senin (12/9) dengan majelis hakim diketuai Cita Savitri,SH dan anggota majelis hakim Helmin Somalay,SH dan Yulianti Muhidin,SH.

Dalam amar putusan yang dibacakan Cita Savitri sekitar 30  menit, majelis hakim menyatakan  Torey menyalahgunakan narkoba seperti diatur dalam Pasal 127 Undang-Undang 32 tahun 2009 tentang NarkotikaPutusan majelis hakim ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Mudeng Sumaila, Erwin Saragih ,Umiati Saleh dan Piter Dawir,  yang sebelumnya menuntut Torey selama 1 tahun  penjara.

Mendengar putusan 8 bulan ini,ratusan pendukung Torey yang berada di dalam ruang persidangan maupun di luar bersorak menyambut gembira.  Karena dalam amar putusan lainnya, hakim memutuskan, Torey tidak perlu dijebloskan lagi ke rumah tahanan,namun tinggal menjalani masa rehabilitasi di rumah sakit ketergantungan obat di Bogor

BACA JUGA: Stres Pikirkan Kuliah, Mahasiswi Mencoba Bunuh Diri



Dalam menjatuhkan vonis,majelis hakim mempertimbangkan hal memberatkan terdakwa sebagai seorang bupati seharus memberi contoh dan menjalankan program pemerintah,sedangkan hal meringankan,terdakwa sopan selama persidangan dan tidak  pernah dihukum sebelumnya.

Majelis hakim memberi kesempatan,apakah banding atas vonis 8 bulan ini
Setelah berkonsultasi dengan pengacaranya,Muh Sattu Pali,SH, Torey  menyatakan pikir-pikir

BACA JUGA: Siswi SMP Digilir Empat Pemuda

Demikian pula JPU, Mudeng Sumaila,SH dkk menyatakan pikir-pikir
‘’Kepada terdakwa dan penuntut umum diberi waktu 7 tahun terhitung besok (Selasa,13/9),apakah mengajukan banding atau tidak,’’ ujar Cita  Savitri, ketua majelis hakim.

Usai mendengarkan vonis, bupati non aktif yang keluar dari ruang  sidang disambut meriah pada pendukungnya terutama PNS Kabupaten Teluk Wondama  dan masyarakat

BACA JUGA: Dua Rumah Terpisah untuk Olah Sabu

Ia disambut secara adat dianugrahi mahkota.

Pada persidangan lainnya,terdakwa,Vivin Susilowati yang tak lain istri Alberh H Torey juga divonis 8 bulan penjara oleh majelis hakim diketua Cita  Savitri.  Sama dengan suaminya,Vivin tak perlu lalu dijebloskan ke rumah  tahanan,tapi tinggal menjalani rehabilitas disisa masa hukuman.

Pengacara Torey dan Vivin, Muh Sattu Pali usai persidangan kepada  wartawan mengatakan, hakim telah memberi pertimbangan mengenai penemuan barang bukti dan surat dari BNPB (Badan Narkotika Provinsi Papua Barat) mengenai hasil pemeriksaan medisKetua terdakwa mengalami syndrome ketergantungan shabu dan disarankan untuk rehabilitasi.

‘’Torey tidak perlu ditahanTapi soal penyalahgunaan,kami masih berbeda pendapat dengan majelisKhusus pada Albert Torey,kita kategorikan korban penyalahgunaNamun,apapun dia korban atau pencandu berdasarkan surat edaran Mahkamah Agung,dia tetap direhabilitasiKami akan pikir-pikir dulu,masih ada waktu 7 hari untuk tanggapi putusan majelis hakim,’’ jelasnya.

Diketahui,Torey dan Vivin tertangkap saat mengonsumsi sabu serta kedapatan mengkonsumsi shabu di kediamannya Kompleks Inggramui, Manokwari, Papua  Barat, 1 April 2011 laluSejak saat itu,keduanya langsung ditahan di Mapolres Manokwari.

Sementara itu,jalannya sidang kasus narkoba melibatkan bupati dan istrinya ini mendapat penjagaan ketat aparat kepolisianPolisi berjaga-jaga mulai di pintu masuk kantor PNSetiap kendaraan  yang masuk diperiksa.(lm/awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tersangka Baru 2 Bulan Kontrak di Sentul City


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler