Terima Bantuan Hibah, Kosgoro 1957 Segera Salurkan 12 unit OC HFNO Bantu Pasien COVID-19

Sabtu, 31 Juli 2021 – 20:40 WIB
Ketua Majelis Pertimbangan Kosgoro 1957 Agung Laksono (jaket hitam) menerima bantuan hibah 12 unit OC HFNO dari Direktur Utama PT Dharma Bakti Medika Sejati Ari Wibowo (kanan). Agung didampingi Ketua Umum Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Laksono (kiri). Foto: Ist for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Kosgoro 1957 Agung Laksono mengucapkan terima kasih atas bantuan hibah berupa 12 unit Oxygen Concentrator High Flow Nasal Cannula OH 60A (HFNO).

Bantuan hibah tersebut diterima dari PT Dharma Bakti Medika, selanjutnya akan disalurkan ke sejumlah rumah sakit.

BACA JUGA: TNI AU Punya Satuan Baru, ini Tugas Utamanya

"Saya berterima kasih atas hibah yang diberikan berupa oxygen concentrator HFNO ini," ujar Agung Laksono pada saat serah terima bantuan di Jakarta, Sabtu (31/7).

Menurut Agung Laksono yang juga menjabat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini, Oxygen Concentrator HFNO sangat bermanfaat bagi para pasien COVID-19 dan mengalami kesulitan bernafas.

Dalam acara serah terima bantuan hadir Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Laksono, Sekjen PPK Kosgoro 1957 Sabil Rachman, Wakil Ketua Komisi 9 DPR, Melki Laka Lena dan Anggota Komisi 6 DPR Lamhot Sinaga.

BACA JUGA: Pergantian Danlanud JA Dimara Merauke Terpaksa Dilakukan Kerena Ulah Oknum

"Tentu alat ini sangat bermanfaat dan teman-teman ada yang bantu sehingga terkumpul 12 unit dari perusahaan yang bantu," katanya.

Agung juga menyatakan Oxygen Concentrator HFNO bisa menyerap udara lalu disaring menjadi oksigen murni atau menggunakan tabung oksigen serta bisa digunakan bersamaan dengan instalasi oksigen di rumah sakit.

BACA JUGA: Banyak Negara Larang WNI Masuk, Pemerintah Tolong Dengar Saran Mas Anton ini

"Satu unit ini harganya ribuan dolar atau sekitar Rp 60 juta harga normal. Alat ini akan didistribusikan oleh PPK Kosgoro 1957 melalui program Kosgoro 1957 Berbagi," katanya.

Agung Laksono menegaskan 'Program Kosgoro 1957 Berbagi' sudah memberikan paket sembako sebanyak 5000 paket, 25 ton beras dan sembako lainnya seperti minyak goreng, gula, mi instan untuk keluarga di Jakarta yang terkena dampak COVID-19.

"Saya bisa merasakan bagaimana beratnya masyarakat yang melakukan isolasi mandiri, maka selain berikan sembako, Kosgoro 1957 juga memberikan edukasi ke masyarakat, dari pintu ke pintu tentang penerapan protokol kesehatan," katanya.

Menurut Agung, jika ormas-ormas di seluruh Indonesia berbuat hal yang sama, maka negara akan terbantu dalam mengatasi wabah pandemi Covid-19.

"Saya berharap ormas-ormas tergerak membantu masyarakat yang kesulitan khususnya yang terdampak dengan melakukan langkah penanganan, penyadaran kepada masyarakat dan kalau bisa memberikan bantuan," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Laksono mengucapkan terima kasih kepada PT Dharma Bakti Medika Sejati yang menghibahkan 12 unit Oxygen Concentrator HFNO untuk beberapa rumah sakit.

"Peralatan ini bukan peralatan murah karena harganya berkisar 60 jutaan per unit, dan memang sangat dibutuhkan masyarakat berdampak Covid-19," katanya.

"Mereka (Rumah Sakit) yang akan menerima alat ini amat bahagia menerimanya dan ini adalah kegiatan yang didasari atas niat tulus. diharapkan kegiatan ini terus berjalan dalam upaya meringankan beban masyarakat," ujarnya.

Dave kemudian menuturkan rumah sakit dan instansi yang akan menerima bantuan hibah alat Oxygen Concentrator HFNO tersebut.

Yakni, RSUD Cibinong, RSUD Gunung Jati Cirebon, RS Tentara Ciremai Cirebon, PPAU Ketum Djoko Suyanto Jakarta, RSCM Jakarta, RS Jantung Harapan Kita Jakarta, RS Rujukan Paru Nasional Persahabatan dan RS Polri Jakarta.

Dave juga mengapresiasi perusahaan-perusahaan atau pihak swasta yang selama ini membantu pemerintah dalam  penanggulangan Covid-19.

"Harapan saya pihak swasta yang lain bisa bersama dengan pemerintah ikut memberikan sumbangan untuk membantu meringankan beban negara saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Dharma Bakti Medika Sejati Ari Wibowo memberikan hibah 12 unit Oxygen Concentrator HFNO karena semangat nasionalisme untuk membantu masyarakat yang terkena Covid-19.

"Saya termotivasi oleh Pak Agung Laksono untuk menghibahkan alat Oxygen Concentrator HFNO ini untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia," katanya.

Ari menuturkan dari awal Covid-19 dirinya sudah menghibahkan alat-alat negatif pressure untuk isolasi pasien Covid-19 ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Langkah ini sikap nasionalisme saya sebagai warga negara republik Indonesia dan alat bantu nafas ini ternyata sangat dibutuhkan bagi orang yang mengalami kesulitan bernafas," katanya.(gir/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler