Ternyata Ini Rahasia Cantik Cleopatra

Sabtu, 19 Mei 2018 – 11:23 WIB
Melembabkan wajah. Foto: cremitas

jpnn.com - Melakukan perawatan kulit wajah menjadi penting dilakukan para wanita untuk menjaga kecantikannya.

Salah satu perawatan yang biasa dilakukan adalah mengangkat sel kulit mati atau peeling.

BACA JUGA: Atasi Rambut Kering dengan Ramuan Alpukat dan Minyak Zaitun

Peeling ternyata sudah lama diaplikasikan di Indonesia sejak tahun 1990-an.

Jika ditelusuri sejak dulu kala, ternyata perawatan peeling sudah ada sejak zaman Ratu Mesir Cleopatra.

BACA JUGA: Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kolesterol Tinggi

Dia rupanya rajin merawat kulitnya secara menyeluruh dengan cara peeling.

"Kalau mau cantik bahkan peeling sudah dilakukan oleh Cleopatra. Eksfoliasi dilakukan Cleopatra dengan pakai susu. Susu itu kan dari laktosa di-convert jadi asam laktat, bahkan tak hanya wajah tetapi juga seluruh tubuh," kata Dermatologist dr. Melyawati Hermawan SpKK di Jakarta.

BACA JUGA: Ini Manfaat Jadi Vegetarian Bagi Sophia Latjuba

Dan kini lebih banyak digunakan dari buah-buahan. Bahannya dengan menggunakan asam buah. Namun, sebelum mengaplikasikan perawatan, tentu harus mengetahui dulu apa jenis kulitnya. Kulit kering, berminyak, atau normal. 

"Pakai susu tentu bisa juga. Tetapi konsentrasinya berapa itu harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing," ujar Melyawati.

Melyawati menambahkan, kulit manusia memiliki proses regenerasi secara natural setiap 28 hari sekali. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, proses regenerasi akan menjadi lebih lambat dan lama. Jika tidak dilakukan perawatan khusus, maka kulit akan menjadi kering, terlihat kusam, berjerawat, serta mengalami masalah kulit lainnya.

"Perawatan khusus untuk kulit wajah tentunya diperlukan untuk membuat proses regenerasi kulit berjalan dengan baik. Salah satunya adalah perawatan eksfoliasi atau biasa disebut peeling," katanya.

Karena itu, kata dia, saat melakukan perawatan peeling sebaiknya disarankan tetap menggunakan tabir surya atau sunscreen di siang hari dan krim malam sebelum tidur agar kulit wajah akan tetap terjaga.

"Selain peeling, salah satu eksfoliasi juga dengan scrubbing. Karena itu sebaiknyapeeling juga jangan tiap hari ya. Karena kan sama seperti cuci muka maksimal 3 kali sehari. Sebab nanti kulitnya kering," tegasnya. (ika/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minuman Ini Meningkatkan Risiko Kematian, Waspadalah !


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
peeling   Cleopatra  

Terpopuler