Ternyata Inilah Kunci Jepang & Prancis Masuk Final VNL 2024

Minggu, 30 Juni 2024 – 08:49 WIB
Timnas Prancis saat mendengarkan lagu kebangsaannya menjelang melakoni semifinal VNL 2024 melawan tuan rumah Polandia. Foto: Volleyball World

jpnn.com - LODZ - Jepang dan Prancis jumpa di final Volleyball Nations League atau VNL 2024 yang bakal digelar di Atlas Arena, Lodz, Polandia, Senin (1/7) dini hari mulai pukul 01.00 WIB.

Nippon masuk final setelah mengalahkan Slovenia 3-0 (25-21, 27-25, 31-29), pada semifinal kedua VNL 2024, Minggu dini hari WIB.

BACA JUGA: Pukul Slovenia di Semifinal VNL 2024, Jepang Ukir Sejarah

Skor setnya memang telak. Yuki Ishikawa dan kawan-kawan tak kehilangan satu set pun.

Namun, Jepang bukannya mudah mengalahkan Slovenia si juara fase penyisihan VNL 2024 itu.

BACA JUGA: Mencekam! Juara Bertahan Tumbang, Prancis Masuk Final VNL 2024

Timnas Jepang saat seremoni pembukaan semifinal kedua VNL 2024. Foto: Volleyball World 

Pada set kedua dan ketiga, Jepang mati-matian membentengi pertahanannya dari serangan-serangan Slovenia.

BACA JUGA: Klasemen Akhir VNL 2024 Putra dan Bagan 8 Besar, Ngeri

Di set ketiga, Jepang bahkan harus jatuh bangun menggagalkan berkali-kali set point Slovenia.

Semua itu ternyata ada caranya, rahasianya, kuncinya.

“Pertandingan yang sangat sulit dan dimainkan pada level tinggi. Kuncinya ialah mentalitas yang tepat," tutur opposite Jepang Yuji Nishida.

"Besok kami akan memainkan pertandingan terakhir, dan kami harus siap berbuat lebih baik lagi melawan Prancis, memenangi gelar, itulah tujuan kami," imbuh suami dari Kapten Timnas Voli Putri Jepang Sarina Koga itu.

Prancis juga tak kalah sulit menembus final, bahkan harus bermain full set melawan tuan rumah yang juga juara bertahan VNL, Polandia di semifinal pertama VNL 2024.

Bermain di depan sekitar 11.000 penonton di tribune Atlas Arena, yang mayoritas merupakan pendukung Polandia, Prancis menang 3-2 (22-25, 25-22, 25-23, 20-25, 18-16).

Apa kunci kemenangan Prancis?

Setter Antoine Brizard mengungkap penerimaan bola pertama timnya baik pada laga melawan Polandia.

Itu membuat servis-servis Polandia yang dikenal gahar, tak membuahkan poin cepat, dan membuat para pemain Polska cukup tertekan.

"Polandia dikenal memiliki servis yang sangat baik, dan itu terlihat pada dua set awal. Kemudian resepsionis kami melakukan pekerjaannya dengan baik dengan tidak membiarkan pemain Polandia mencetak terlalu banyak ace," ujar Brizard.

"Kami kuat dan kompak dalam bertahan. Itu karena kami sudah berlatih untuk bermain di momen seperti ini. Saya senang, kami bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik," imbuhnya.

Final VNL 2024 Jepang vs Prancis dijadwalkan dimulai Senin (1/7) 01.00 WIB atau setelah laga perebutan tempat ketiga alias perunggu VNL 2024 antara Slovenia vs Polandia kelar. (vw/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Dream Team VNL 2024 Putri, Egonu jadi MVP


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler