Ternyata Memang Faktor Kiper

Minggu, 13 Juni 2010 – 03:46 WIB
DIPUJI-MEMUJI - Kiper AS Tim Howard (tengah), Man of The Match laga Inggris versus AS, yang berada pada posisi nyaris 180 derajat dari rekan sesama kipernya di pertandingan itu, Robert Green. Foto: Getty Images/FIFA.com.
RUSTENBURG - Apa yang sebelumnya sudah menjadi sorotan sejumah pihak terhadap timnas Inggris, yaitu masalah kiper yang tak punya sosok ideal, terbukti di pertandingan perdana tim asuhan Fabio Capello tersebutAkibatnya adalah nilai penuh yang seharusnya didapat Inggris, akhirnya hanya berbuah imbang 1-1, saat menghadapi Amerika Serikat (AS) di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Minggu (13/6) dinihari WIB.

Penjaga gawang Robert Green yang diturunkan Capello - yang bahkan sempat 'merahasiakan' sosok yang akan ditunjuknya jelang pertandingan - membuat kesalahan menjelang akhir babak pertama

BACA JUGA: NBA Cares Kunjungi Sekolah Nyaris Roboh

Ia tak sempurna menangkap bola rendah hasil tendangan Clint Dempsey, hingga malah terlepas dan berbuah gol
Ini tentu jadi berkah bagi AS, yang sebenarnya sempat dikejutkan di awal pertandingan (menit ke-4), oleh gol 'mudah' kapten Inggris, Steven Gerrard.

Namun demikian, AS sendiri sebenarnya bukan bermain jauh di bawah level Inggris

BACA JUGA: Tandukan Tiga Poin Sang Kapten

Justru pada sebagian besar babak pertama, begitu mereka mulai sadar dari keterkejutan gol awal Gerrard, serta mulai bisa mengatur serangan, tekanan ke pertahanan Inggris nyaris tak pernah mereka kendurkan
Hal itu membuat Inggris seolah mendapatkan lawan tangguh yang tak disangka sebelumnya.

Sebaliknya bagi Green sendiri, aksinya di pertandingan itu sebenarnya juga tak buruk-buruk amat

BACA JUGA: Tebar Ancaman, Korsel Tekuk Yunani 2-0

Buktinya, berbagai gelombang serangan dan peluang yang sempat diciptakan para pemain AS, tetap bisa dimentahkan oleh kiper berusia 30 tahun itu dengan segenap kemampuannyaHanya saja, satu blunder fatal itu, memang harus menjadi sesuatu yang tak akan bisa ia lupakan kemudian - karena berakibat membatalkan keunggulan timnya.

Inggris sendiri pada babak kedua lantas meningkatkan tempo permainan dan menambah tekanan, terutama lewat aksi-aksi pemain senior seperti Emile Heskey, begitu juga Frank Lampard dan lainnya, Namun, tak ada satupun yang membuahkan hasil, hingga peluit panjang dibunyikanGagalnya gempuran demi gempuran Inggris itu, di sisi sebaliknya, tak lain juga berkat permainan piawai kiper AS Tim Howard, yang akhirnya terpilih sebagai Man of The Match.

Menariknya, ketika berkomentar seusai pertandingan, Howard justru berbicara atas nama sesama penjaga gawangDengan kata lain, ia sempat mengeluarkan pernyataan yang seolah berusaha menghibur Green, sembari mengatakan perasaannya yang 'campur-baur' ketika melihat terjadinya gol DempseyYa, pasalnya Howard yang bermain di Everton memang mengenal Green lumayan baik, lantaran sama-sama sudah cukup lama berkiprah di Liga Inggris.

"Saya benar-benar merasa simpati padanya malam ini, dan memang merasakan perasaan campur-aduk ketika melihat gol itu terjadiTak pernah baik rasanya melihat (sesuatu) seperti itu, dan mungkin tak ada yang bisa anda katakan lagi tentang itu," ucap Howard terhadap rekan sesama kipernya itu"(Tapi) dia akan bangkit lagi dari situDia (Green) kiper yang bagus," sambungnya segera, seperti dikutip FIFA.com.

"Dia memiliki mental yang kuat, (karena) itu harus bagi seorang kiperAnda harus memahami krtiikan, segala keberhasilan maupun kegagalan, dan saya rasa dia akan baik-baik sajaDi luar kesalahan (blunder) itu, dia telah bermain baikAntara lain, (dengan) melakukan penyelamatan gemilang dari (Jozy) AltidoreSaya bahkan mengira saat itu kami sudah akan unggul," tambah kiper berkepala plontos itu lagi.

Pada pertandingan yang berlngsung dengan tempo cukup cepat itu sendiri, wasit Carlos Simon asal Brasil sempat mengeluarkan enam kartu kuningMasing-masing tiga untuk Inggris, yaitu kepada kapten Steven Gerrard, Jamie Carragher dan James Milner, serta tiga pula untuk AS yaitu kepada Steve Cherundolo, Jay DeMerit dan Robbie Findley(ito/jpnn)

Data Pertandingan: Inggris v AS (Grup C)

Venue: Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg
Skor: 1-1
Pencetak gol: Steven Gerrard (menit ke-4) dan Clint Dempsey (menit ke-40)
Wasit: Carlos Simon (Brazil)
Asisten wasit: Altemir Hausmann dan Roberto Braatz (Brazil)
Statistik:
                 Tembakan    Penjuru    Kartu kuning    Kartu merah    Ball possession
Inggris     18                    8                3                          0                         54%
AS             13                   4                 3                          0                        46%
Sumber: FIFA.com.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bawah Mistar jadi Taruhan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler