Tertarik Jadi CPNS di Kemenag? Yuk Cek Formasinya di Sini

Jumat, 14 Juli 2017 – 14:22 WIB
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyusul Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung merekrut CPNS baru.

Kali ini, kuota CPNS baru Kemenag tersedia untuk formasi dosen.

BACA JUGA: Penerimaan CPNS: Siapkan 1.000 Kursi untuk 11 Kampus

Kuota CPNS baru yang disiapkan Kemenag mencapai 1.000 kursi. Kuota itu nantinya disebar ke 71 perguruan tinggi di bawah Kemenag.

Ada sebelas kampus yang mendapatkan alokasi CPNS baru masing-masing 20 orang. Kampus lainnya mendapatkan kuota 15 orang dan paling sedikit 10 orang.

BACA JUGA: Mau Jadi CPNS di Kemenkumham? Ada Lowongan Tuh

Sebelas kampus yang mendapatkan kuota 20 CPNS baru di antaranya UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sementara UIN Raden Intan, IAIN Jember, IAIN Ponorogo, dan IAIN Tulungagung mendapatkan 15 kursi CPNS baru.

BACA JUGA: Simak, Penjelasan Rinci Penerimaan CPNS 2017 di Kemenkumham

Masing-masing kampus diminta segera menetapkan formasi CPNS berdasarkan kuota yang ditetapkan. Batas waktunya hingga kemarin (13/7).

Berikutnya, Kemenag bakal melayangkan permohonan pengesahan formasi dan kuota itu ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Menurut Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh. Mukri, UIN telah memperoleh konfirmasi dari Kemenag pusat mengenai pembagian kuota CPNS. ’’Iya, kami sudah dapat kabarnya dari pusat itu. Untuk UIN Raden Intan Lampung dapat kuota CPNS 15 orang tahun anggaran 2017,” katanya seperti dilansir Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini.

Kendati begitu, Mukri belum mendapatkan informasi kapan pelaksanaan CPNS Kemenag. ’’Kami belum tahu karena untuk formasi dan pelaksanaannya mengikuti aturan dari pusat. Tetapi kalau untuk kuota memang sudah ditentukan segitu,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Biro Informasi dan Humas Kemenag Mastuki mengatakan, tahap yang berlangsung saat ini masih menentukan formasi. Urusan kapan dibuka pendaftaran, jika sudah mendapatkan persetujuan dari Kemenpan-RB.

Nantinya Kemenag membentuk tim panitia seleksi sendiri. Tim seleksi itu bekerja secara akuntabel. Masyarakat diminta tidak percaya terhadap informasi-informasi yang bisa meloloskan menjadi CPNS baru.

Beberapa tahun terakhir, lanjutnya, sejumlah PTN di bawah Kemenag merekrut pegawai tetap non-PNS sendiri. Sebab beberapa kampus yang berubah dari STAIN ke IAIN atau dari IAIN ke UIN membutuhkan tambahan dosen baru. Sementara pemerintah masih memberlakukan kebijakan moratorium CPNS baru.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman mengatakan, masyarakat harus bersabar sampai keluar informasi resmi. Supaya tidak termakan kejahatan penipuan bermodus rekrutmen CPNS baru.

’’Saat ini rekrutmen CPNS baru yang sudah resmi adalah di Mahkamah Agung serta Kementerian Hukum dan HAM. Rencananya pendaftaran di keduanya dibuka 1-31 Agustus depan,” katanya.(jpg/tim/c1/wdi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Daftar CPNS? Please Hindari Calo


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler