Terungkap, Inilah Putri Rahasia Vladimir Putin

Kamis, 30 November 2017 – 06:06 WIB
Vladimir Putin. Foto: sputnik international

jpnn.com, MOSKOW - Putri rahasia Presiden Rusia Vladimir Putin yang selama ini identitasnya ditutupi rapat-rapat akhirnya terungkap. Namanya adalah Katerina Tikhonova.

Sebenarnya kabar bahwa Putin memiliki putri yang identitasnya disembunyikan bukan hal baru. Kantor berita REUTERS dua tahun silam sudah mengendus itu.

BACA JUGA: Pegang Granat untuk Bergaya, Beginilah Akibatnya

Namun, dugaan itu terkonfirmasi oleh World Rock'n'Roll Confederation (WRRC), sebuah organisasi tempat Katerina menjadi salah satu petingginya. Wakil Presiden WRRC Bidang Hukum Manfred Mohab mengungkapkan bahwa Katerina memang anak kandung Putin.

Kepada REUTERS, Mohab mengaku mengetahui latar belakang Katerina setelah bekerja bersama di WRRC. “Ya. Aku tentu tahu dia,” ujarnya.

BACA JUGA: Kejar 4 Juta Travelista, NTB Garap Pasar Rusia

Katerina Tikhonova, putri Presiden Rahasia Vladimir Putin saat sedang menari akrobat rock and roll. Foto: Jakub Dabrowski/Reuters

BACA JUGA: Ide soal Ekspor Daging Babi ke Indonesia Bikin Putin Tertawa

Saat dimintai penegasan apakah Katerina memang anak kandung Putin, seketika Mohab mengangguk. “Ya,” ucapnya.

Namun, pihak Istana Kepresidenan Rusia atau Kremlin tak memberikan respons atas kabar itu. Sejak identitas Katerina sebagai putri Putin mulai terungkap dan dipublikasikan pada 2015, nyaris tak ada konfirmasi langsung darinya, kerabat ataupun Kremlin. 

Sebelumnya pada 2015, Andrey Akimov yang dikenal sebagai petinggi di lembaga keuangan Rusia, Gazprombank mengungkapkan bahwa Katerina merupakan anak perempuan Putin. Hanya saja, Akimov belakangan menyangkal pernyataannya sendiri.

Dia mengaku tak pernah meladeni wawancara soal itu dengan REUTERS. Dia merasa tak pernah menyampaikan pernyataan soal putri rahasia Putin.

Namun, REUTERS memperoleh konfirmasi dari dua sumber lainnya. Dua sumber anonim itu memperkuat soal status Katrina sebagai putri Putin. Sedangkan Mohab menjadi orang kedua setelah Akinov yang secara terbuka mengungkap jati diri Katerina.

Putin yang pernah menjadi pejabat lembaga intelijen Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) di era Uni Soviet memang dikenal sangat keras dalam menjaga kehidupan pribadinya. Dia juga gigih merahasiakan dua putrinya, Maria dan Katerina dari sorotan publik.

Saat ini, Katerina sudah berusia 31 tahun. Dia menggunakan nama keluarga dari neneknya.

Katerina menjalankan proyek yang didanai publik di Universitas Negeri Moskow dan menjadi wakil presiden WRRC untuk bidang ekspansi dan pemasaran. Selain itu, Katerina lebih dikenal sebagai pemain akrobat rock and roll. Menjadi penari akrobatik juga mengantarnya untuk mengelola posisi senior di WRRC.

Kini, Katerina menjadi istri bagi Kirill Shamalov, putra salah satu sahabat Putin. Mohab menuturkan, status Katerina sebagai putri Putin menjadi faktor penting bagi kemajuan tari akrobat rock and roll di Rusia.(independent/ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kongres Akan Buka Iklan Facebook Pesanan Rusia di Pilpres AS


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler