Test Drive Chery Omoda 5: Desain Keren, Tenaga Mesin Luar Biasa

Kamis, 13 Juli 2023 – 10:19 WIB
Chery Omoda 5 saat digeber beberapa waktu lalu. Foto: dok Dedi Sofian

jpnn.com, JAKARTA - Chery Omoda 5 merupakan pendatangan baru mobil di kelas sport utility vehicle (SUV) compact Indonesia. Mobil ini yang dipasarkan pada tahun ini langsung mendapat respons positif dari masyarakat tanah air.

Sejumlah artis tanah air pun kepincut untuk memboyong SUV lima penumpang itu. Salah satunya ialah aktris Luna Maya.

BACA JUGA: Sah, Harga Chery Omoda 5 Lebih Murah dari Honda HR-V

JPNN.com pun berkesempatan mencoba mobil asal Tiongkok itu selama beberapa hari menuju Jakarta-Bandung dengan jarak sekitar 150 kilometer.

Chery Omoda 5 mempunyai desain yang tak perlu diragukan lagi. Tampilan eksterior mengusung gaya sproty yang melekat pada kendaraan SUV tersebut.

BACA JUGA: Tantang Honda HR-V, Chery Omoda 5 Meluncur di IIMS 2023, Ini Spesifikasinya, Gahar

Grille depan disusun dirancang mirip berlian dan diapit lampu utama yang diletakka di bagaina bumper.

Di bagian belakang terdapat spler atap yang terlihat agresif dan kaca belakang landai. Kemudian bagian bumper yang menegaskan kesan crossover.

BACA JUGA: Chery Omoda 5 Mulai Diproduksi Secara Global, Dijual di Indonesia?

Sementara itu, suasana interior dibuat menawah dan bergaya futuristik. Hal itu dilihat dari layar berukura 20,5 ini yang ada di bagian dasbor dan berfungsi mmenampilkan informasi kendaraan sistem audio.


Ruang kabin Chery Omoda 5. Foto: Dedi Sofian

Konsol tengah yang besar dan tinggi, sampai lingar kemudi terlihat mewah dan canggih.

Posisi duduk juga cukup erogonomis, apalagi pengaturan jok sudah elektrik, sehingga memudahkan pengemudi dalam mengatur posisi duduk.

Setir juga bisa tilt dan telescopic.

Hanya saja, konsol tengah yang besar membuat kabin terasa sempit, sehingga ruang gerak pengemudi sangat sempit.

Sama seperti mobil canggih lainnya, Chery Omoda 5 dibekali kemampuan untuk mengenali perintah suara. Namun, mobil tersebut baru bisa menggunakan dengan perintah suara berbahasa Inggris.

Fitur ini bisa dipakai penggunanya untuk membuka dan menurup seperti sunroof maupun kaca jendela, serta mengubah suhu AC.

Chery Omoda 5 dibekali mesin berkapasitas 1500cc turbo dengan bahan bakar bensin.

Mesin itu diklaim menghasilkan tenaga 145 HP dan torsi 230 NM. Tenaga mesin itu disalurkan melalui transmisi CVT 9 percepatan.

Dengan bodi yang compact performa mesin lebih dari cukup. Chery Omoda 5 memiliki sodoran tenaga yang bisa direspons dengan baik.

Saat kami menekan pelan-pelan pedal gas sontak mobil itu langsung memelesat. Dengan kecepatam 130km/jam mobil itu cukup jinak dikendalikan.

Handling cukup baik tidak terasa limbung saat kecepatan tinggi. Dengan ban besa dan lebar berukuran 18 inci, membuat mobil cukup jadi gesit dan presisi. Redaman suspensinya empuk dan nyaman.

Secara keseluruhan, tenaga dari mesin turbonya itu mudah dijinakkan, begitu juga dengan handlingnya yang bakal membuat pengemudinya bersenang-senang di jalanan.

Namun, untuk pengemudi pemula tidak perlu khawatir saat berada di jalan, karena SUV lima penumpang itu dibekali teknologi keamanan seperti rem otomatis.

Dengan teknologi yang ditawarkan, Chery Omoda 5 bisa didapatkan dengan harga Rp 404,8 juta untuk tipe RZ dan Rp334,8 juta untuk tipe Z. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Chery Indonesia Catat Ratusan Unit Penjualan Selama IIMS 2023, Omoda 5 Paling Laris


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler