Tetap Buru Poin Maksimal

Sabtu, 23 Juni 2012 – 09:59 WIB

SURABAYA - Kans Persebaya Surabaya untuk mengejar gelar juara di Indonesia Premier League (IPL) telah tertutup. Namun, kondisi tersebut tidak menghambat semangat Green Force-julukan Persebaya=untuk memburu poin dalam laga sisa, termasuk saat menjamu Persijap Jepara di Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT) Surabaya  sore nanti.

Ya, koleksi poin Persebaya kalah banyak dengan pemuncak klasemen sementara, Semen Padang. Persebaya yang berada diperingkat enam klasemen, saat ini baru mengoleksi 29 poin dari 18 pertandingan dengan menyisahkan empat pertandingan. Sementara Semen Padang sudah mengumpulkan 40 poin dari 20 laga. "Kami tidak akan berhenti untuk berjuang. Yang pasti laga besok (hari ini, Red) kami harus rebut tiga poin," kata Divaldo Alves, pelatih Persebaya, setelah latihan sore, kemarin (22/6).

Menurut Divaldo, meski tidak memiliki kesempatan untuk juara, paling tidak Persebaya berpeluang untuk finis diperingkat tiga besar. Itu bila empat laga tersisa bisa berakhir dengan kemenangan."Kalau memenangkan pertandingan ini, kami langsung naik ke peringkat empat. Tidak mentup peluang bisa sampai ke peringkat ketiga atau kedua," jelas dia.

Ambisi besar Divaldo tersebut sesungguhnya tidak salah, itu bila melihat mental Erol Iba dan kawan-kawan yang saat ini sedang onfire. Apalagi, dari sembilan pertandingan terakhir yang mereka lakoni dari semua ajang kompetisi, Persebaya belum pernah merasakan kekalahan.

"Secara mental semua pemain siap untuk turun dalam pertandingan kali ini. Tapi, saya tidak bisa sebut pemain mana saja yang akan main. Yang jelas, kami mau ambil poin penuh dalam laga ini," tegas pria asal Portugal itu.

Kendati begitu, bukan berarti Persebaya tanpa kesulitan meredam tim tamu. Sebab, meski sedang dalam keadaan onfire, Divaldo sudah pasti akan menyimpan beberapa pemain pilarnya saat menjamu mantan tim besutannya itu. Strategi ini penting, karena empat hari kemudian, Persebaya bakal melewati pertandingan ekstra penting, leg kedua babak semifinal Piala Indonesia di kandang Semen Padang 27 Juni mendatang.

Sementara itu, CEO Persijap, Adjie Daramana mengatakan bahwa mereka memilih realistis terkait target pertandingan sore nanti. Menurut dia, pilihan untuk merendah itu tidak lain karena laga ini berlangsung di kandang lawan. "Tak hanya itu, Persebaya adalah tim besar dan performance mereka sedang bagus-bagusnya. Jadi, kalau hasil seri saja itu sudah bagus bagi kami," kata Adjie.

Laskar Kalinyamat-julukan Persijap-sendiri hanya datang dengan kekuatan seadanya dalam tur kali ini. Bahkan, hanya satu legium asing yang dibawah ke Surabaya, Youn Soung-min. "Pemain asing yang lain ada yang cedera, ada juga yang menolak berangkat karena masalah gaji," jelas Adjie.

Dalam perkembangan yang sama, kabar baik datang bagi suporter Persebaya. Rencananya, tim pujaan mereka akan menjamu Penggemar Queen Park Rangers (QPR), klub yang saat ini berlaga di Liga Premier Inggris di Stadion Gelora Bung Tomo, 23 Juli mendatang."Ini kabar baik bagi publik Surabaya. Klub sebesar ini mau datang ke Indonesia karena nama besar Persebaya," ucap Ram Surahman, media oficel Persebaya. (dik)

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-4-2) : 30-Endra Prasetya (pg); 24-Yusuf Hamzah, 16-Jefry Prasetyo, 15-Rivelino Ardiles, 3-Erol Iba (c); 7- Walter Brizuela, 8-Taufiq, 29-Mario Karlovic, 2-M Halil; 20-Aulia Ardli, 18-Ryan Wahyu.
Pelatih : Divaldo Alves

Persijap (4-5-1) : 82-Danang Wihatmoko (pg), 18-Nurul Huda, 6-Aris Fandi, 24-Verli La ala, 5-Kasiadi; 10- Youn Soung-min, 14-Khanif Muhajirin, 21-Bona Simanjuntak, 25-nanang Khanafi,77-Danan Puspito; 9-Noor Hadi.
Pelatih : Sartono Anwar
BACA ARTIKEL LAINNYA... Portugal Berharap Bertemu Spanyol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler