Tetap Main Maksimal

Rabu, 13 Juni 2012 – 08:25 WIB

JOGJAKARTA - Persebaya Surabaya IPL (Indonesia Premier League) memiliki target lolos bersih ke babak semifinal Piala Indonesia. Dengan begitu, mereka tidak mau main-main dalam pertandingan leg kedua perempat final Piala Indonesia melawan Persik Kediri di lapangan Sasana Krida Akademi Angkatan Udara, Jogjakarta, sore nanti (13/6).

Ya, sejatinya tinggal selanglah lagi Persebaya lolos ke babak semifinal Piala Indonesia. Mat Halil dan kawan-kawan hanya membutuhkan hasil seri untuk memuluskan langkah tersebut. Di atas kertas, Persebaya tidak akan kesulitan untuk mencapai target itu. Toh di leg pertama saja, mereka suskes menggasak Persik dengan skor besar 3-1.

"Peluang kami untuk lolos sangat besar. Karena hasil seri saja sudah lolos. Tapi, bukan berarti hasil pertandingan besok (Hari ini, Red) harus seri. Kalau ada peluang menang, kami akan memaksimalkan peluang itu," kata pelatih kepala Persebaya Divaldo Alves, kemarin (12/6).

Kendati begitu, laga ekstra penting bagi Persebaya ini akan sedikit kehilangan gengsinya. Mau bagaimana lagi, tim juara Liga Indonesia 2004 ini tidak gagal menjamu Persik di depan pendukungnya sendiri. Ya, Persebaya terpaksa menjalani pertandingan home tersebut di Jogja lantaran tidak mendapat izin dari Polrestabes Surabaya. Ini buntut dari kerusuhan di Gelora 10 Nopember, 3 Juni lalu.

"Meski harus bermain jauh dari depan pendukung, banyak sisi positifnya. Sebab, jadwal pertandingan kami juga cukup padat. Toh, semua pemain juga menyadari hal itu dan mereka sudah siap untuk memberikan yang maksimal dalam pertandingan di leg kedua ini," lanjut pelatih asal Portugal itu.

Terkait strategi tim, Divaldo mengatakan bahwa ada sedikit rotasi yang bakal dia lakukan. Langkah ini bagian dari strategi demi menghemat tenaga jelang melawan Persiba Bantul tiga hari kemudian. Feri Ariawan, Ryan Wahyu, dan Mat Halil siap mengisi barisan depan. Sedangkan lini tengah akan diisi oleh Jusmadi, M Taufiq dan Mario Karlovic.    

Nah, untuk sektor pertahanan, Divaldo mengungkapkan dirinya lebih suka dengan gaya permainan Rivelino Ardiles dan Otavio Dutra. Keduanya akan dilapis oleh M Yusuf dan Erol Iba di sayap kiri dan kanan. "Kami berharap bisa mencetak gol lebih dulu agar pemain lebih percaya diri," timpal dia.

Sementara itu, Persik Kediri sepertinya tidak mau malu untuk kedua kalinya. Djoko Malis, pelatih kepala Persik, mengaku meski peluang untuk lolos sangat tipis, tapi itu tidak akan mengurangi semangat gedor mereka di lapangan. " Kami akan berusaha untuk mengembalikan keadaan," ucap Djoko. (dik)

Perkiraan Pemain
Persebaya (4-3-3): Dedi Iman (pg), Yusuf Hamzah, Rivelino Ardiles, Erol Iba, M Yusuf; Otavio Dutra, M Taufiq, M.Karlovic; Mat Halil, Feri Ariawan, Ryan Wahyu.
Pelatih : Divaldo Alves

Persik (3-4-2-1): Dwi Kuswanto (pg), Fatchul Ihya, Anderson da Silva, Slamet Sampurno, Moh. Ansori, Jefri Dwi Hadi, Rendy Sahputra, M. Irvan, Oliver Makor, Faris Aditama, Komang Mariawan
Pelatih: Djoko Malis Mustafa

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panggung Shevchenko


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler