Thailand Minta Dukungan Indonesia

Untuk Menjadi Pemimpin ASEAN

Rabu, 11 Februari 2009 – 16:32 WIB

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya menyampaikan pesan Perdana Menteri Thailand yang baru Mr Abasit kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)Intinya, Thailand minta dukungan dari Indonesia untuk memimpin organisasi negara-negara Asia Tenggara yang tergabung di ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

“Kami juga mendiskusikan dengan pemerintah Indonesia tentang kemungkinan untuk mewujudkan tujuan di dalam ASEAN Charter

BACA JUGA: Diterjang Angin, Disapu Banjir

Transformasi dari ASEAN menuju sebuah komunitas dalam bidang politik, ekonomi, dan juga kebudayaan,” ujar Kasit di kantor Presiden SBY di Jakarta, Rabu sore (11/2).

Menurut dia, berbagai langkah akan dibuat oleh Thailand
”Thailand selanjutnya akan memimpin ASEAN, kami memerlukan arahan dan masukan dari Indonesia untuk keberlanjutan ASEAN berikutnya

BACA JUGA: Cegah AIDS dengan Gel Vagina

Tidak hanya bidang politik dan sosial, tapi juga bidang demokratisasi, rule of law, good governance, dan juga HAM,” bebernya.

Permintaan Thailand meminta dukungan itu bukan tanpa alasan
”Kami menilai Indonesia telah berhasil melakukan transformasi di bidang itu (politik, sosial, demokratisasi, rule of law, good governance, dan HAM),” papar Kasit.

Sebagai tindak lanjut, terang dia, Thailand-Indonesia akan mendiskusikan kerjasama dalam rangka penyelesaian sejumlah isu, seperti isu lintas perbatasan, pembajakan, human traficking, penyelindupan barang, dan masalah kemanusiaan

BACA JUGA: Alicia Douvall, Model yang Kecanduan Operasi Plastik

”Seperti yang disampaikan jubir, bahwa presiden sampaikan undangan ke Perdana Menteri, dan PM akan lakukan kunjungan pertamanya ke IndonesiaJada dalam beberapa pekan ke depan, pembicaraan kedua negara akan meningkat,” pungkasnya.(gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dipanggil Tuhan saat Restu untuk Mati Diperdebatkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler