Tidak Kuasai Komputer, Hambat Pendaftaran CPNS

Sabtu, 13 September 2014 – 06:00 WIB
Tidak Kuasai Komputer, Hambat Pendaftaran CPNS. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Bagi peminat kursi abdi negara di wilayah Timur Indonesia harus bersabar. Pasalnya, hingga kini Instansi terkait masih belum membuka pengumuman pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS)-nya. Hal itu disebabkan karena pegawai setempat tidak mahir menggunakan komputer.

Salah satunya adalah pemerintah daerah Papua. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Azwar ABubakar menuturkan, pihak pemda Papua telah menyampaikan alasan keterlambatan itu. alasannya adalah, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di sana tidak menguasai sistem komputer.

BACA JUGA: Kemungkinan BBM Naik Oktober

"Di Papua bilang kalau mereka nggak bisa pakai komputer. Jadi mereka masih belum bisa mulai membuka pendaftaran," ujarnya saat ditemui di sela acara Membangun Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia yang Maju dan Mandiri, di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Jumat (12/9).

Kendati demikian, pemerintah tidak akan mentolerir kondisi ini dengan mengijinkan adanya pembukaan pendaftaran secara manual. Azwar menegaskan, bahwa  hal itu dilarang. Larangan manual ini juga diperuntukkan untuk tes kemampuan dasar (TKD) yang nanti akan digelar.

BACA JUGA: SBY Jadi Sopir, Jokowi Duduk Manis

"Memang ada yang nanya (apaakh boleh manual) saya bilang tidak. Semua harus komputer. Tes juga harus memakai CAT (Computer Assisted Tes)," pungkasnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan segera mengirim tim untuk membantu pihak Pemda setempat. Tim akan memberikan pelatihan komputer untuk pegawai di sana hingga benar-benar menguasai. Mantan PLT Gubernur Aceh itu pun tidak mempermaslahkan keterlambatan proses pendaftaran CPNS di tanah Cendrawasih itu.

BACA JUGA: Kompak Tolak Nikah Beda Agama

"Lama tidak apa-apa, mundur sebulan juga tidak masalah. Yang penting semua harus dilakukan dengan komputer," katanya.

Tahun ini Kementerian PAN-RB memang bertekad untuk seratus persen menggunakan sistem CAT dalam seleksi CPNS. KemenPAN-RB sendiri telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meminjam sistem komputer mereka di daerah.
 
Di sisi lain, jumlah pendaftar tes CPNS tahun ini terus meningkat. Kemarin, tercatat sebanyak 1.461.335 orang yang telah mendaftar dalam laman www.panselnas.go.id. Sedangkan, untuk instansi yang membuka pendaftaran baru sebanyak 272 instansi dari 395 instansi. (mia)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jamaah Haji Waspadai Calo Hajar Aswad


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler