Tiga Isu Seksi Ini Diprediksi Dipakai Serang Jokowi - Ma'ruf

Kamis, 16 Agustus 2018 – 14:33 WIB
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi meyakini, sejumlah isu bakal kembali mengemuka selama Pilpres 2019 berlangsung. Tujuannya, untuk saling menjatuhkan elektabilitas kubu lawan.

Isu-isu yang dimaksud antara lain politik identitas, dikotomi ulama dan santri post modern, militer dan sipil, serta pelintiran-pelintiran fakta menjurus ke hoaks.

BACA JUGA: Roy Suryo Pastikan Demokrat Solid Usung Prabowo - Sandiaga

"Saya memperkirakan, kubu Joko Widodo - Ma'ruf Amin akan menjual kisah sukses," ujar Ari kepada JPNN, Kamis (16/8).

Sementara kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, diperkirakan bakal mengeluarkan sejumlah isu yang diperkirakan bernada menyerang.

BACA JUGA: Neno Warisman Dilapor, Gerindra: Strategi Alihkan Perhatian

Pertama, soal utang di masa pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla meningkat drastis, sehingga Jokowi yang kembali maju berpasangan dengan Ma'ruf Amin tak layak untuk dipilih kembali.

Kedua, pembimbing disertasi S3 di Universitas Padjajaran ini juga memperkirakan kubu Prabowo-Sandi bakal kembali menyuarakan rumor serbuan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia.

BACA JUGA: Ajakan Zulkifli saat Berpidato di Hadapan Presiden Jokowi

Isu ini dinilai masih cukup seksi, apalagi diberi embel-embel serbuan tenaga kerja asing didominasi pekerja dari Tiongkok.

BACA JUGA: Mahfud MD dan Andi Arief Picu Guncangan Pertama

Ketiga, kubu yang diperkuat Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat juga diperkirakan bakal menyoroti menurunnya daya beli masyarakat dan merosotnya nilai tukar rupiah.

"Isu-isu yang dipakai sepertinya tetap sama walau kemasannya sudah berbeda," pungkas pengajar di Universitas Indonesia ini. (gir/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ssttt, Ada Inisial M untuk Pimpin Tim Sukses Jokowi-Maruf


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler