Tiga Kandidat Tak Lulus Baca Al Quran

Selasa, 01 November 2011 – 09:46 WIB

LHOKSUKON -- Tiga bakal calon bupati (balonbup) Aceh Utara dinyatakan tidak lulus tes baca Al QuranKetiga balon yang gagal ini bakal tak lolos sebagai calon

BACA JUGA: Ical Mulai Dilirik Parpol Lain

Dengan demikian, dari 30 balon, tersisa 27 balon yang akan mengikuti tahapan seleksi untuk bisa dinyatakan sebagai calon.

"Kalau memang tidak lulus pada ujian tes baca Al Quran, maka ketiga kandidat kemungkinan tidak lulus seleksi untuk bertarung pada 24 Desember mendatang," kata Pokja Pencalonan KIP Aceh Utara, Ayi Jufridar kepada wartawan Rakyat Aceh (grup JPNN), Senin (31/10).  Ayi mengakui bahwa tim penguji baca Al Quran telah menyerahkan hasil kepada kandidat


Hanya saja, dia tak tak mau menyebut nama ketiga kandidat yang tak lulus

BACA JUGA: 9 Parpol Minta Mendagri Copot Plt Gubernur

Ayi sungkan untuk mengungkapkan karena dianggap tidak etis
Alasannya, tidak ada dalam aturan KIP Aceh yang menganjurkan agar hasil uji baca Alquran dipublikasi secara terbuka.  Sehingga hasil uji baca Al Quran itu hanya diketahui oleh kandidat masing-masing dan pihak KIP serta tim penilai.

Menurut Ketua Pokja Pencalonan ini, lolosnya bakal calon untuk menjadi calon ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.  Jika salah satu dari item persyaratan tidak dipenuhi, maka balon akan dinyatakan gugur. 

“Ada 31 persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon, termasuk test baca Alqur’an

BACA JUGA: PPP Merasa Dikhianati Gatot

Jadi kalau salah satu gagal, maka pasangan balon tentunya akan gugur,”terangnya.

Saat ditanya apakah masih ada celah untuk pergantian pasangan balon yang dinyatakan gugur"  Ketua pokja pencalonan mengatakan sangat kecil upaya tersebut dapat terpenuhiSebab pada minggu pertama November 2011 sudah diumumkan siapa yang lulus menjadi calon.

“Rasanya tidak ada waktu lagi untuk menggantikan balon yang gugur disalah satu persyaratan.  Apalagi berbagai jadwal test lainnya telah ditutup, seperti tes kesehatan.  Sehingga kemungkinan besar bakal calon yang gagal tes baca Al quran akan gugur menjadi calon,”papar Ayi.

Sementara itu salah satu bakal calon, Dra.Yulinar Ahmad yang akrab disapa umi Malaya mengkritisi pengumuman test baca Al Quran secara tertutup.  Dirinya juga komplain terhadap hasil uji baca Alquran yang diberikan kepadanya.  Meski dia dinyatakan lulus dengan nilai 71, tapi Umi Malaya tetap tidak puas.

“Saya kecewa dengan nilai yang diberi tim uji kepada saya yang hanya memeberi nilai 71.  Lagi pula pemberitahuan terkesan sangat ditutup melalui surat," imbuhnya(yud/agt/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Anak Buah Mega Ramalkan Golkar Bakal Berjaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler