Tiket Pelni sudah Terjual Hampir 90 Persen

Senin, 13 Mei 2019 – 00:00 WIB
Calon penumpang kapal Pelni di Batam. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

jpnn.com, BATAM - Manager Operasional PT Pelni Batam, Dicky Dermawandi mengatakan pemesanan hingga minggu ketiga jelang mudik lebaran semakin banyak.

Sejak dibuka akhir April lalu, pemesanan tiket ramai terus. Antrean calon penumpang KM Kelud juga terlihat mengular di Kantor PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Batam, Kepri, Sabtu (10/5).

BACA JUGA: Amankan Pasokan di Jalur Tol Trans Jawa, Pertamina Siapkan 112 Titik Layanan BBM

BACA JUGA: Remaja 16 Tahun Dibawa Kabur dan Disetubuhi Kekasihnya

"Alhamdulillah grafik tahun ini naik dibanding tahun lalu. Meskipun belum bisa memetakan berapa besar kenaikan penjualan tiket karena penjualan masih berjalan," kata dia.

BACA JUGA: Tiket Kapal untuk Mudik Lebaran Hampir Ludes

Harga tiket yang murah menjadi faktor pemesanan tiket meningkat. Dia tidak memungkiri mahalnya harga tiket pesawat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi angkutan laut.

"Sekarang saja tiket di peak season sudah sold out mau 90 persen. Pemesanan ini lebih cepat dari tahun lalu. Mungkin alasan takut kehabisan jadi mereka lebih cepat pesan tiket," jelasnya.

BACA JUGA: Kakorlantas: Tol Bakauheni Bisa Dilalui Pemudik, Hanya Kurang Rest Area

Untuk mengangkut penumpang, pihaknya bahkan sudah menyiapkan jadwal jelang lebaran nanti. Khusus untuk Belawan, Medan akan dibuka hingga empat kali dalam satu minggu. Sedangkan Jakarta akan dibantu kapal Dorolonda.

"Permintaan banyak jadi kami menyesuaikan dengan armada yang ada," sebutnya.

Dia mengingatkan kepada calon pemudik untuk memesan tiket saat ini selagi masih tersedia. Pihaknya menyampaikan permintaan maaf jika nanti ada yang tidak terlayani karena keterbatasan kapasitas yang ada.

"Non seat kan tidak ada lagi. Jadi mumpung masih ada silahkan beli sekarang," imbuhnya.

BACA JUGA: Prada DP Terduga Pemutilasi Wanita di Penginapan Check In Pakai Nama Samaran

Hal serupa juga terjadi di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS). Tiga minggu jelang mudik lebaran pemesanan tiket tujuan Dumai sudah mulai terlihat. Hal ini dikatakan Ketua DPC INSA Batam, Asmadi.

Menurutnya operator kapal sudah bisa membaca lonjakan penumpang yang akan terjadi nanti. Ia memperkirakan pemesanan tiket akan meningkat dua minggu jelang lebaran.

Momen kenaikan harga pesawat ini memberikan dampak yang cukup bagi angkutan laut. Mereka yang mudik bersama keluarga tentu akan memilih transportasi yang murah.

"Saya terus komunikasi dengan operator kapal. Yang tujuan Dumai sudah berjalan pemesanan. Namun angkanya saya belum dapat karena belum ada laporan yang masuk," terangnya.

BACA JUGA: Sriwijaya FC Minim Gol, Airlangga Sucipto Akui Kurang Pasokan Bola

Asmadi berharap arus mudik lebaran bisa berjalan dengan lancar. Lonjakan pemudik diperkirakan naik 20 persen lebih tahun ini. "Ya kita lihat nanti saja. Mudah-mudahan ramai dan tidak ada kendala jelang arus mudik nanti," tutupnya.

Sebelumnya juga ada penambahan keberangkatan menuju Kuala Tungkal melalui pelabuhan Punggur. Kapal Roro sudah mulai berlayar mengangkut penumpang dari Batam tujuan Kuala Tungkal, Jambi.(jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenhub Siagakan Kapal Patroli KPLP Selama Mudik Lebaran 2019


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler