Tiket.Com Jalin Kerjasama Dengan PT KAI

Kamis, 22 November 2012 – 18:29 WIB
JAKARTA--Setahun berkembang dengan transaksi online tiket pesawat, reservasi hotel, serta  tiket hiburan musik dan film, Tiket.com kembali mengembangkan bisnis travel onlinenya melalui kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Penandatanganan piagam kerjasama Tiket.com-KAI dilakukan oleh Gaery Undarsa (Managing Director Tiket.com) dan Sulistyo Wimbo Hardjito (Direktur Komersial KAI) disaksikan Marie Elka Pangestu (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Rabu (21/11) di Hotel Intercontinental Midplaza, Jakarta.

Menurut Direktur transportasi Tiket.Com, Dimas Surya, kerjasama ini mendapat sambutan positif  dari jasa pengguna kereta api. Karena melalui Tiket.Com, dipastikan masyarakat pengguna kereta api, tak perlu lagi khawatir mengantri atau kehabisan tiket. 

“Sistem tersebut kami kembangkan dalam situs Tiket.com melalui platform layanan reservasi dan transaksi tiket kereta api dimana pelanggan dapat memilih langsung nomer kursi yang diinginkan tanpa harus antri. Rasa nyaman dan aman hanya dengan satu langkah mudah dimana dan kapan saja tentu mempermudah pelanggan dalam menggunakan jasa kereta api tanpa harus terganggu praktek percaloan”, jelas Dimas.

Melalui kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), pengguna Tiket.com kini dapat memesan kursi kereta api kelas Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif ke semua tujuan di seluruh Indonesia dalam hitungan menit.

Reservasi bisa dilakukan hingga rencana perjalanan 90 hari ke depan sebagai bagian dari pilihan mudah konsumen untuk memesan tiket kereta api.  Tiket.com dapat diakses melalui komputer, mobile (m.tiket.com), dan aplikasi khusus seperti yang telah tersedia di Nokia Asha. Metode pembayaran yang diterima termasuk transfer bank (Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI), BCA KlikPay, KlikBCA, dan kartu kredit berlabel Visa ataupun MasterCard. Hingga saat ini pengguna jasa layanan travel online Tiket.com, 25% diantaranya melakukan transaksi dengan menggunakan smartphone-nya. Selebihnya transaksi dengan Tiket.com dilakukan melalui internet/web dan mitra bisnisnya.

Sejak memulai transaksi di akhir tahun 2011, Tiket.com telah memiliki lebih dari 100.000 pengguna jasa layanan travel online-nya. Secara umum pengguna jasa travel online Tiket.com setiap bulannya tumbuh antara 20%-50%. Dari jumlah tersebut, lebih dari 50% diantaranya merupakan pelanggan yang kerap melakukan transaksi kembali.

Transaksi untuk jasa transportasi (pesawat) dengan bekerjasama dengan 6 penerbangan nasional secara kuantitas mendominasi pemasukan dari Tiket.com dengan mencapai lebih dari 50% total transaksi. Peningkatan tersebut tentu akan terus berlanjut dengan adanya kerjasama kemitraan dengan PT KAI. Peningkatan tersebut juga didukung dengan kemitraan dengan 1000 hotel di Indonesia yang menjadikan pendapatan transaksi online reservasi hotel Tiket.com menjadi salah satu yang cukup kuat.
 
Indonesia menjadi salahsatu pasar potensial pengembangan bisnis travel online. Transaksi reservasi hotel dimana di Indonesia diyakini reservasi melalui online travel agent (OTA) mencapai Rp 2 Triliun per-tahun. “Saat ini kami masih fokus untuk membangun layanan travel online dalam negeri karena potensinya masih cukup besar," kata Dimas.(afz/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengusaha SPBU Diminta Perbanyak Dana CSR

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler