Tikus Pithi Pengusung Rival Gibran di Pilkada Surakarta Bikin Partai, Ini Namanya

Senin, 25 Oktober 2021 – 18:33 WIB
Jumpa pers ormas Tikus Pithi Hanata Baris di Solo, Senin (25/10). Tikus Pithi berencana mendeklarasikan diri menjadi Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) pada Kamis (28/10). Foto: Romensy Agustino/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Ormas Tikus Pithi Hanata Baris yang menghebohkan Kota Surakarta atau Solo pada tahun lalu kembali membuat gerakan.

Tikus Pithi yang turut menyokong Bagyo Wahyono-FX Suparjo (Bajo) sebagai penantang Gibran Rakabuming-Teguh Prakowo di Pilkada Kota Surakarta 2020 itu berencana membuat partai politik.

BACA JUGA: Siapkan Parpol Baru, Rasamala Aritonang Dorong Gagasan Besar ini

Ketua Umum Tikus Pithi Tuntas Subagyo mengungkapkan ormasnya akan mendeklarasikan Partai Kedaulatan Rakyat (PKR).

Menurutnya, deklarasi PKR akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada Kamis (28/10).

BACA JUGA: Ketum Benteng Jokowi Jadi Ketua Dewan Pembina Partai Emas

"Kami ingin menjadi lebih menasional," ujarnya dalam jumpa pers di Solo, Senin (25/10).

Tuntas menyebut upaya Tikus Pithi mengusung calon pemimpin melalui jalur independen bukanlah hal mudah. Sebab, syarat untuk mengusung calon independen cukup berat.

BACA JUGA: Jojon Selevel Bagyo

"Ibarat keran hanya dibuka setengah, sehingga kami saat ini menjadi (partai) agar memiliki potensi yang lebih besar untuk masuk ke dunia demokrasi di Indonesia," tuturnya.

Nantinya, Tuntas akan menjadi ketua umum PKR. Menurutnya, PKR merupakan partai nasionalis yang membela rakyat kecil.

Oleh karena itu, Tuntas meyakini PKR akan mendapat tempat di masyarakat. "Partai ini benar-benar menjadi partainya rakyat, beda dari parpol lainnya,"  tuturnya.

Tuntas mengeklaim PKR telah membentuk kepengurusan di 19 provinsi, antara lain, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

"Setelah deklarasi insyaallah kami bisa menyelesaikan pembentukan kepengurusan 34 provinsi. Kami targetkan akhir tahun ini selesai,"lanjutnya.(mcr21/jpnn)


Redaktur : Antoni
Reporter : Romensy Augustino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler