TIM 8 Percaya MNC Group Netral dalam Menyiarkan Debat Capres

Minggu, 07 Januari 2024 – 15:21 WIB
Koordinator Nasional TIM 8-RJBBP, Wignyo Prasetyo. Foto: dok tim 8

jpnn.com, JAKARTA - Penyelenggaraan debat ketiga capres bakal digelar malam nanti. Debat ketiga akan ditayangkan oleh stasiun televisi MNC Group yang meliputi MNC TV, RCTI, iNews, Global TV.

Koordinator Nasional TIM 8-RJBBP, Wignyo Prasetyo percaya MNC Group tidak akan ‘loncat pagar’ dari aturan netralitas pers. 

BACA JUGA: Menjelang Debat Capres, Andika Yakin Ganjar Pranowo Mumpuni Jadi Panglima Tertinggi

“Kita sama-sama tahu MNC Group dimiliki Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Kemudian Perindo adalah partai politik pengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Namun, kami percaya MNC Group tidak akan mempertaruhkan profesionalismenya,” terang Wignyo dalam keterangannya, Minggu (7/1/2024).

Dia menambahkan kondisi saat ini memperlihatkan banyak persoalan yang sedang dialami insan pers.

BACA JUGA: Jokowi dan Prabowo Bertemu, Kaesang: Mereka Memang Sahabat

Terlebih menghadapi pemilu 2024, pers pun dituntut terus independen karena intervensi mengancam keberadaannya.

“Namun, kami percaya MNC Group masih berpegang teguh pada UU Pers, UU Penyiaran, di KPI ada panduan penyiaran. Bisa menjadi panduan bagaimana pers dan penyiaran tidak menyimpang,” paparnya.

BACA JUGA: Program Makan Siang Gratis untuk Cegah Stunting sudah Jadi Ide Prabowo sejak 2006

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Umum TIM 8-Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RjBPP), Akhrom Saleh mengatakan peran pers sebagai salah satu komponen pilar demokrasi sehingga besar harapan rakyat kepada media massa bisa tetap berpegang kuat pada prinsip-prinsip jurnalisme.

“Kami meyakini MNC Group dapat profesional dalam membuat cover boothside, melakukan verifikasi, mencerna dan menyaring informasi hingga menghasilkan sebuah sumber berita yang dipercaya (kredibel). Berita-berita yang mencerdaskan, mendidik, dan mencerahkan,” paparnya.

Saat disinggung soal debat nanti malam, dia mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebab, tema debat malam nanti adalah makanan sehari-hari calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto.

“Jadi Pak Prabowo sudah khatam betul soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Jadi A-Z sudah di luar kepala Pak Prabowo,” tuturnya.

KPU menetapkan dua jurnalis dari MNC Group untuk menjadi moderator yang akan mengatur jalannya debat.

“Moderator pada pelaksanaan debat ketiga nanti ada Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi,” kata Anggota KPU August Mellaz di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (3/1).

Dia juga mengungkapkan 11 nama panelis yang akan merumuskan pertanyaan kepada tiga capres pada debat kali ini.

Di antaranya Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia Angel Damayanti, Dosen Hubungan Internasional dan Ahli Kajian Industri Pertahanan dan Alih Teknologi Universitas Binus Curie Maharani Savitri, Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia Evi Fitriani, serta Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani Hikmahanto Juwana.

Nama panelis lainnya ialah Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada I Made Andi Arsana, Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina lan Montratama, Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Irine Hiraswari Gayatri, serta Pakar Keamanan Universitas Pertahanan Kusnanto Anggoro.

Tiga nama panelis berikutnya yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan Marsetio, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS Philips J. Vermonte, serta Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran Widya Setiabudi Sumadinata.

Debat malam nanti mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di Istora, tempatnya di Istora Senayan. (flo/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler